April 23, 2021

Jutawan

Jutawan

5 Cara Menjaga Kebersihan Selama Si Kecil Memakai Diaper

2 min read
5 Cara Menjaga Kebersihan Selama Si Kecil Memakai Diaper

Pemakaian diaper pada anak memang terasa sangat memudahkan orangtua. Apalagi sekarang banyak juga program diskon diaper seperti diskon Nepia di marketplace. Sudah praktis didukung harga terjangkau, tak heran jika banyak orangtua memutuskan memakai diaper untuk anak mereka. Namun, penggunaan diaper ini harus dilakukan secara hati-hati demi kenyamanan si kecil.

Bersih Memakai Diaper

Salah satu contoh kendala yang biasa dijumpai pada anak dengan diaper adalah kondisi kebersihan yang begitu kurang terjaga. Akibatnya buruk bagi kulit yakni bisa memicu infeksi bakteri yang berkembang jadi iritasi pada kulit. Berikut adalah beberapa cara menjaga kebersihan selama si kecil mengenakan diaper.

1.     Ganti Diaper secara Rutin

Anda sangat disarankan untuk sering memeriksa diaper si kecil. Periksa apakah diaper sudah penuh dengan urine atau belum. Periksa juga apakah si kecil BAB atau tidak. Jika diaper sudah penuh maka waktunya untuk mengganti dengan yang baru. Paling tidak diaper harus diganti minimal 4 jam agar tidak terjadi penumpukan bakteri di area vital.

2.     Basuh Area Vital

Demi menjaga kebersihan area vital si kecil, biasakan untuk membasuhnya setiap mandi atau saat berganti popok. Tak perlu memakai sabun, cukup basuh dengan memakai air bersih. Membasuh area vital dilakukan dengan tujuan menghilangkan bakteri yang menempel pada kulit akibat urine di dalam diaper.

3.     Berikan Waktu Tanpa Diaper

Ada baiknya Anda memberi si kecil waktu tidak memakai diaper. Biarkan area pantat bersentuhan langsung dengan udara luar tanpa ada diaper. Langkah ini dilakukan dengan tujuan memberi waktu bagi kulit untuk bernapas dan mencegah iritasi. Setelah itu pakaikan lagi diaper pada si kecil. Pilih produk diaper yang berkualitas dan dapatkan dengan harga lebih terjangkau lewat program diskon Nepia secara online.

4.     Jaga Kebersihan Tangan

Pastikan Anda mencuci kedua tangan sampai bersih sebelum mengganti diaper si kecil. Tangan harus dalam kondisi bersih setiap kali Anda akan membersihkan area vital anak. Langkah ini akan membantu meminimalkan kontaminasi dan infeksi bakteri. Setelah selesai mengganti diaper, Anda juga wajib mencuci tangan kembali.

5.     Pastikan Kering Sempurna

Setelah membasuh area vital anak, pastikan untuk mengeringkan kulit terlebih dahulu. Jangan memakaikan diaper saat kondisi pantat dan area vital masih basah. Kondisi lembab akan meningkatkan risiko perkembangan bakteri dan menyebabkan iritasi kulit. Anda bisa mengeringkan kulit si kecil dengan mengusapkan handuk lembut secara perlahan.

Menjaga kebersihan area vital menjadi satu hal yang sangat penting untuk dilakukan. Infeksi bakteri sangat rentan terjadi di bagian vital ini apalagi jika si kecil memakai diaper sepanjang hari. Menjalani kehidupan parenting memang menuntut Anda untuk teliti dan cermat merawat tubuh si kecil. Usahakan untuk selalu melakukan yang terbaik demi kebaikan serta kesehatan anak tercinta.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.