May 7, 2021

Jutawan

Jutawan

6 Tanaman Berkhasiat Menyembuhkan Luka Kulit.

3 min read
tanaman herbal mengobati luka

Menyembuhkan luka – Setiap orang pasti tidak ingin mengalami luka ditubuhnya, namun bagaimana lagi terkadang kita sudah melakukan pekerjaan dengan hati-hati, tetap saja yang namanya kecelakaan pasti tidak bisa dihindarkan.

Namun tenang jika kamu sedang mengalami luka kecil seperti tertusuk paku, luka sayatan pisau, luka lecet, atau luka terjatuh, kamu tidak perlu repot-repot untuk membeli obat-obatan antiseptik ke toko.

Ada banyak tanaman herbal disekitar kita yang memiliki kemampuan dalam menyembuhkan luka, disamping itu tanaman-tanaman tersebut juga bisa mencegah infeksi pada kulit yang terluka.

Ingin tahu apa saja tanaman tersebut, simak dibawah ini 5 tanaman yang memiliki kemampuan menyembuhkan luka ringan.

1. Lidah Buaya.

Yang pertama ada lidah buaya atau biasa dikenal dengan aloevera. Tanaman satu ini sudah sejak lama digunakan oleh manusia, baik sebagai bahan konsumsi, obat tradsional hingga produk kecantikan.

Gel atau lendir daun lidah buaya bisa kamu gunakan untuk menyembuhka beberapa jenis luka pada kulit, seperti luka memar, luka lecet, luka bakar dan luka jerawat. Cukup oleskan baigan daunya ke kulit kamu secara rutin maka luka akan dengan cepat sembuh.

2. Jarak tintir.

Menggunakan jarak tintir, tahu kah kamu dengan tanaman jarak tintir? Penyebutan lainya dari tanaman satu ini ialah jarak cina, jarak gurita, pohon yodium atau betadine batang. Merupakan tanaman liar yang berasal dari kawasan Amerika, yang jika Indonesia dijadikan tanaman hias dan dimanfaatkan sebagai obat.

Letak manfaatnya ada pada bagian getahnya yang berwarna bening kekuningan dan lengket. Dimana getah jarak tintir memiliki sifat anti-bakteri, anti-inflamasi, anti-radang, anti-fungi, anti-miroba serta dapat berperan sebagai obat antiseptik alami.

Cukup petik beberapa tangkai daun tanaman satu ini kemudian oleskan getahnya pada area luka, maka dalam beberapa hari luka akan cepat mengering dan sembuh, harap berhati-hati pasalnya jika belum terbiasa akan terasa perih pada kulit.

3. Ketepeng.

Ketepeng atau kaskado merupakan tanaman liar rimbun yang sering digunakan daunya sebagai obat untuk luar tubuh. Daunnya biasa digunakan sebagai bahan baku untuk pembuatan salep untuk mengatasi kurap, kudis dan panu.

Jika disekitar kamu terdapat tanaman satu ini, tentunya bisa kamu manfaatkan sebagai obat alternatif dalam menyembuhkan luka.

4. Sirih.

Selanjutnya kamu bisa menggunakan tanaman sirih. Sirih adalah tanaman merambat yang telah di gunakan sejak lama sebagai salah satu tanaman oabt. Diketahui daun sirih memiliki sifat anti-bakteri, anti-radang dan anti-fungi.

Tentunya kemampuan tersebut bisa kamu manfaatkan untuk menyembuhkan luka sekaligus mencegah infeksi.

5. Meniran.

Hayo, ada yang tahu dengan meniran? Meniran merupakan tanaman liar yang dapat tumbuh dengan mudah dimana saja, termasuk tumbuh dalam pot kembang kamu.

Tananam meniran juga sering dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk mengatasi beragam masalah kesehatan, termasuk juga dalam menyembuhkan luka kamu. Cukup gunakan daun meniran lalu haluskan, setelah itu oleskan pada kulit kamu yang terluka.

6. Sosor bebek.

Sosor bebek adalah tumbuhan liar yang sama dengan aloevera yaitu tanaman dari jenis kaktus sukulen, salah satu tanaman yang mampu menyimpan cadangan air pada bagian daun dan batangnya.

Nah kamu bisa menggunakan daun sosor bebek dalam mengobati luka pada kulit. Cukup haluskan daun sosor bebek lalu oleskan pada kulit yang terluka.

Nah itulah beberapa tanaman yang diketahui mempunyai kemampuan dalam mengobati luka pada kulit. Sebenarnya masih ada banyak lagi tanaman yang menpunyai kemampuan dalam mengobati luka, seperti daun pepaya, daun sambung nyawa, daun pandan, daun ketul dan dan lainya.

Akan tetapi beberapa tanaman diatas adalah sebagain dari contoh seluruh tanaman obat yang bisa kamu manfaatkan.

Sumber healty99

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.