Bagaimana Cara Dafar Jualan Online di PaDi UMKM?

Bagaimana sih cara daftar di PaDi UMKM? Mungkin sebagian dari kalian ada yang bertanya-tanya seperti itu. Sebagaimana kita ketahui, pemerintah melalui Kementerian BUMN telah merilis sebuah platform digital yang bernama PaDi UMKM. PaDi UMKM ini merupakan sebuah inovasi kebijakan yang sangat bagus untuk peningkatan UMKM.

Dengan hadirnya PaDi UMKM, diharapkan UMKM dapat melakukan jualan online dan mengalami peningkatan signifikan yang lebih dari biasanya. UMKM memang pada saat ini banyak yang sudah beralih melakukan jualan online.

Mengapa demikian? Jualan online dianggap salah satu potensi bagi banyak pihak, utamanya mereka yang memang bergerak di dunia bisnis untuk meraup pasar yang lebih luas. Oleh karenanya, pemerintah Indonesia berusaha mengundang UMKM di seluruh Indonesia untuk melakukan jualan online melalui situs terpadu yang diberi nama PaDi UMKM ini.

Bagi yang belum tahu apa itu PaDi UMKM, sebaiknya membaca artikel ini dengan teliti. PaDi UMKM merupakan tempat atau wadah daring/online yang mempertemukan UMKM dengan BUMN. Pertemuan yang dimaksud bukan pertemuan tidak bermakna ya, melainkan transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN.

Selain transaksi pengadaan barang dan jasa BUMN, UMKM juga bisa melakukan jualan online kepada masyarakat luas atau yang bisa dikatakan kepada bisnis retail. Dengan begitu, UMKM bisa mendapatkan keuntungan ganda dari BUMN dan juga dari pembeli retail. Dengan begitu, UMKM yang berjualan online di sini akan mendapatkan akses pasar yang jauh lebih luas daripada sebelumnya.

BUMN akan mengalokasikan dana pengadaan barang dan jasanya kepada UMKM melalui PaDi UMKM. Tapi perlu diingat ya, program pengadaan barang dan jasa yang melalui UMKM memiliki batas nominal maksimal, yakni di angka Rp14 milliar.

Bagi perusahaan BUMN yang belum bergabung dengan PaDi UMKM, Anda bisa melihat tata cara daftar pembeli PaDi UMKM B2B secara lengkap di link berikut ini.

Bagi pelaku UMKM yang ingin berjualan online di PaDi UMKM, maka bisa melakukan registrasi dengan cara berikut ini:

  1. Klik Daftar Menjadi Penjualdi bagian atas halaman utama PaDi UMKM Marketplace.
  2. Klik Daftar Sebagai Penjual Atau Vendor.
  3. Lengkapi data yang berhubungan dengan perusahaan Anda.
  4. Berikutnya, lengkapi data ‘Alamat Perusahaan Anda.
  5. Selanjutnya, lengkapi data Penanggung Jawab Perusahaan.
  6. Lengkapi data ‘Informasi’ rekening perusahaan Anda.
  7. Lalu unggah dokumen perusahaan sesuai data yang dibutuhkan.
  8. Pastikan kembali keseluruhan data yang Anda isi, lalu klik Daftar.
  9. Setelah mengirimkan permohonan registrasi, mohon tunggu paling lambat 3 hari kerja untuk proses review dan verifikasi. Jika pendaftaran Anda tidak lolos verifikasi, silakan mendaftar kembali dan pastikan untuk melengkapi semua informasi yang dibutuhkan. Jika berhasil terverifikasi, Anda akan mendapatkan email notifikasi untuk melakukan aktivasi akun.
  10. Segera aktivasi akun Anda melalui link yang kami kirimkan ke email yang telah Anda daftarkan dan buat password baru. Selamat, Anda telah bergabung dengan PaDi UMKM Marketplace!

Dengan mengetahui langkah untuk jualan online di PaDi UMKM, maka tunggu apalagi? Segera bergabung di PaDi UMKM dan nikmati jualan online di sana!