July 24, 2021

Jutawan

Jutawan

Beberapa Tips Agar Pernikahan Tidak Terlalu Menekan Biaya

2 min read

5 Keuntungan yang Akan Kamu Dapat Jika Pilih Menikah Tanpa Resepsi

Momen pernikahan memang sangatlah menyenangkan. Tetapi di balik acara pernikahan ini terdapat ragam macam persiapan yang harus tentunya dilakukan penyelenggara. Ada kalanya biaya biaya pernikahan sangat tinggi. Sehingga cukup mengganggu kepuasan dalam menyelenggarakan pernikahan tersebut. Tetapi tentu setiap masalah ada jalan keluarnya termasuk untuk bisa menekan biaya untuk acara pernikahan. Anda bisa mencoba untuk melakukan konsep pernikahan sederhana saja. Dari konsep pernikahan minimalis ini maka akan membuat anda tahu seperti apa yang seharusnya dipilih. Berikut ini ada beberapa tips lebih jelasnya agar biaya atau budget pernikahan bisa ditekan.

Memilih Untuk Rias Sendiri/ Meminta Bantuan Teman

Riasan tentu menjadi kebutuhan umum dalam acara pernikahan. Apa bila menyewa baju pengantin itu sendiri yang kamu dapat tidak menyertakan layanan rias pengantin, tidak perlu anda mencari jasa MUA. Tentu Make Up Artist bahkan MUA yang terkenal akan sangat mahal jika anda memilihnya. Untuk mengatasinya, maka bisa saja anda minta bantuan teman, kerabat, saudara atau bahkan rias sendiri. Harga menyewa MUA memang bisa beragam tergantung dari fasilitas yang bisa didapatkan dan juga jam terbangnya.

Tetapi rata-rata harga jasa MUA pernikahan yang beredar yaitu 500 ribu dan bisa sampai 3 juta. Jika tanpa jasa tersebut, maka bisa baiknya meminta bantuan teman anda yang jago dalam merias. Tentu jangan sampai sia-siakan peluang tersebut untuk meminta konsep harga teman agar berguna untuk menghemat bujet. Misalnya, teman anda seorang MUA dan biasa memberi tarif sekitar 2 juta. Dikarenakan teman dekat, maka kamu mendapat potongan harga besar sekitar kurang lebih 50 persen. Sehingga biaya yang dikeluarkan cukup hanya 600 ribu. Teman anda bisa juga diberikan tambahan konsumsi dan akomodasi lainnya. Selain meminta diskon atau potongan harga, juga bisa meminta digratiskan misal. Lalu imbalannya kamu dapat mentraktir dia beserta keluarganya untuk makan bersama.

Tidak Haru Memakai Jasa Fotografer Pernikahan, Cukup Meminta Bantuan Teman

Untuk foto pernikahan maka tak wajib menggunakan jasa dari fotografer. Hal ini bukan berarti momen pernikahan yang dilangsungkan tidak perlu anda abadikan. Sebagai gantinya, maka kamu bisa saja meminta teman/ kerabat yang memang mahir membidik foto gambar untuk bisa membantu. Sehingga bisa sebagai juru fotografi selama acara pernikahan berlangsung.  Contoh misalnya, harga untuk sewa fotografer pernikahan dan alat-alatnya Rp 2 juta durasi sehari.

Nah, bantuan teman/ kerabat tidak akan memerlukan biaya besar sehingga kamu bisa menyiapkan perlengkapan fotonya juga. Misal sewa lensa kamera, lalu tripod, ada pun flash eksternal, lalu memory card, serta baterai cadangan. Beberapa perlengkapan foto pernikahan tersebut jangan sampai terlupakan. Anda bisa sewa semuanya dengan harga kurang lebih 300 ribu sampai 600 ribu saja.

Undang Mereka Yang Terdekat Saja Dan Maksimal Sebanyak 50 Orang

Tips terakhir yaitu akan seputar jumlah orang yang diundang ke pernikahan. Dikarenakan ucapan pernikahan simple ini yang diselenggarakan akad saja agar bisa makin hemat. Maka tidak perlu tentu mengundang banyak orang, dan cukup maksimal sebanyak 50 tamu sudah beserta pasangannya. Meski pun sulit dalam memilih tamu tertentu yang diundang dari banyak teman yang anda dan pasangan juga miliki. Maka lebih baik undang mereka yang sudah berjasa atau sangat dekat dengan kamu serta pasangan. Sehingga pernikahan kamu akan menjadi jauh lebih intimate dan khidmat.

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.