Biografi Cristiano Ronaldo Pemain Sepak Bola Terbaik Dunia

Perjalanan beberapa tokoh populer di dunia sarat dengan cerita menginspirasi saat sebelum raih keberhasilan. Tidaklah aneh bila beberapa orang jadikan beberapa salah satunya sebagai anutan terhitung dari sektor olahraga. Satu diantaranya yakni cerita olahragawan pemain sepak bola terbaik dunia yakni biografi Cristiano Ronaldo.

Ronaldo belakangan ini menjadi lagi perhatian karena membuat saham coca cola jeblok sesudah dia geser minuman itu saat pertemuan jurnalis. Ronaldo yang dikenali sebagai figur yang paling memprioritaskan pola hidup sehat itu tidak minum minuman bersoda.

Mengenai Cristiano Ronaldo

ronaldo 1

Salah satunya olahragawan sepak bola terbaik di dunia berjulukan CR7 ini mempunyai nama komplet Cristiano Ronaldo Dos Santos Aveiro. Dia lahir sebagai bungsu dari 4 bersaudara dengan panjang 52 cm dan berat 4,5 kg di tanggal 5 februari 1985 di dalam rumah sakit The Cruz De Carvalho Funchal, Madeira, Portugal.

Cristiano Ronaldo sebagai anak dari pasangan Maria Dolores Dos Santos Aveiro dan José Dinis Aveiro. Istrinya namanya Georgina Rodriguez dan mempunyai empat orang anak yakni Cristiano Ronaldo Jr, Alana Martins Dos Santos Aveiro, Eva Maria Dos Santos, dan Mateo Ronaldo.

Latar Belakang Keluarga

Ronaldo datang dari keluarga yang termasuk ngepas dalam soal ekonomi. Ayahnya, Dennis bekerja sebagai petugas taman di balai kota. Sementara ibunya, Dolores profesinya sebagai juru masak. Bahkan juga si ibu sempat pernah punya niat menggugurkannya sebab menganggap hadirnya akan menambahkan beban.

Ayah Ronaldo wafat pada 2005 karena sering konsumsi alkohol. Hal tersebut yang membuat CR7 menghindar tipe minuman itu. Kemudian, 2 tahun selanjutnya si ibu terserang kanker payudara, walau demikian sukses pulih.

Masa Kecil Ronaldo

Sesudah lahir Dinis langsung minta kapten club pemula di Portugal, CF Andorinha menjadi ayah baptis si anak. Datang dari keluarga ngepas membuat periode kecilnya penuh kebatasan. Bahkan juga ke-2  orang tuanya tidak sanggup memberinya sebuah mainan walau yang murah sekalinya.

Semenjak kecil Ronaldo sudah menyimpan ketertarikan pada olahraga sepak bola. Ketahui hal itu si ayah mendaftarkannya ke football school Andorinha di Fuchai yang disebut tempatnya bekerja sampingan sebagai seorang kitman. CR7 mulai bermain untuk team itu saat berumur delapan tahun.

Pendidikan

Cristiano Ronaldo tidak demikian tertarik sama hal-hal lain selainnya sepak bola terhitung dalam sektor akademis. Dia mengawali pengajaran dasarnya di Escola Basico e Secundaria Goncalves Zarco. Ketaksukaannya pada sekolah membuat CR7 selalu melewati tugas tempat tinggalnya.

Pada umur 14 tahun Ronaldo dikeluarkan dari sekolah karena melemparkan bangku ke guru yang menghina cita-citanya jadi olahragawan sepak bola. Kemudian CR7 tidak meneruskan pengajaran dan malah makin ingin konsentrasi raih mimpinya lalu menunjukkan suksesnya di bagian itu.

Sempat pernah Menanggung derita Penyakit Tachycardia

Kegigihan Ronaldo dalam memperdalam sektor sepak bola membuat melakukan latihan yang terlalu berlebih. Hal itu jadi pemicu timbulnya tanda-tanda serius pada CR7. Kariernya terancam stop di umur 15 tahun karena harus jalani operasi untuk menyembuhkan penyakit Tachycardia-nya.

Tachycardia sebagai penyakit dengan tanda-tanda detak jantung berdenyut lebih dari 100 renyut per menit. Sudah pasti si ibu kuatir pada hidup Ronaldo karena vonis itu terhitung salah satunya bencana untuk pesepak bola. Sesudah perawatan intens CR7 sukses pulih dan bisa olahraga normal.

Perjalanan Karier Sepakbola Ronaldo

Cristiano Ronaldo mengawali karier internasional dengan bela tim nasional Portugal di tahun 2003. Dia mengundang perhatian sepak bola dunia saat jadi feature dalam kejuaraan UEFA Under 17. Manager Liverpool F.C, Gerard Houllier tertarik akan performanya tetapi berasa CR7 masih terlampau muda hingga menampiknya.

Bermain di Manchester United

Tergabung bersama Manchester United pada musim panas 2003 jadi pembuka karier sepak bola Cristiano Ronaldo. Waktu itu Sir Alex Ferguson memerhatikan performanya saat sporting menaklukkan MU di fase Lisbon dengan score 3 – 1 inagurasi Alvalade XXI.

Ferguson inginkan teamnya mempunyai pemain muda selanjutnya Cristiano Ronaldo siap tanda-tangani kontrak pada harga £12.24 juta. CR7 mengawali kiprahnya di menit ke-60 saat Manchester United tanding menantang Bolton Wanderers di fase Old Trafford.

Berpindah ke Real Madrid

Kedahsyatan Cristiano Ronaldo saat di Manchester United memancing ketertarikan Real Madrid. Club itu pada akhirnya betul-betul menarik CR7 masuk teamnya dengan pecahkan rekor transfer sebesar lebih dari 1 Triliun Rupiah. Nilai tebusnya cukup fenomenal, tetapi sangat cocok kualitas perform Ronaldo.

Karena, semenjak kenakan nomor punggung 7 seragam Real Madrid dia jadi mesin gol team itu bahkan juga di dalam 1 musim La Liga telah sukses cetak 50 gol. CR7 terima beragam penghargaan karena performanya terhitung mengeklaim Ballon d’Or menandingi Lionel Messi.

Berpindah ke Juventus

Pada juli 2018 Cristiano Ronaldo tanda-tangani kontrak dengan club serie A Italia Juventus untuk $ 35 juta /tahun. saat itu ongkos transfernya sendiri sekitaran $ 140 juta dari Real Madrid. Sepanjang 18 bulan awal CR7 tampil dalam 75 laga dan sukses cetak 53 gol.

Juventus kerap membuat berduet dengan Mario Mandzukic sebagai dua ujung tombak skema 4-3-1-2. Cristiano Ronaldo sukses bawa team ini memenangkan Liga Italia dan Liga Champions. Pada ke-2  gelaran itu dia mengincar gelar top scorer.

Penghargaan Cristiano Ronaldo

Performa Cristiano Ronaldo tidak cuma memikat tapi juga sanggup bawa teamnya ke arah kemenangan. Tidaklah aneh bila pemain sepak bola yang sama bernomor punggung 7 ini sukses bawa pulang beberapa penghargaan salah satunya yakni:

5 penghargaan Ballon d’Or – 2008, 2013, 2014, 2016 dan 2017

  • Pemain Terbaik 2008 versus FIFA
  • Pemain Terbaik Dunia versus Fifpro – 2008
  • Pemain Sepak Bola Putra Terbaik FIFA – 2016 dan 2017
  • Pemain Sepak Bola Terbaik Tahun Ini versus UEFA – 2014, 2016 dan 2017
  • Pemain Terbaik Liga Premier – 2006/07 dan 2007/08
  • Pemain Terbaik La Liga – 2013/14
  • Pemain Terbaik Serie A – 2009

Demikianlah biografi singkat mengenai Christiano Ronaldo. Semoga bermanfaat.