November 24, 2020

Jutawan

Jutawan

Bunda, Kenali 5 Tanda-Tanda Melahirkan Berikut Ini

2 min read
Bunda, Kenali 5 Tanda-Tanda Melahirkan Berikut Ini

Selama masa kehamilan terdapat banyak momen berharga yang dialami oleh seorang ibu. Momen trimester pertama yang mendebarkan, momen trimester kedua yang membahagiakan, hingga momen trimester ketiga yang membuat tak sabar. Ketika persalinan semakin dekat, tanda tanda melahirkan pun sudah dapat dirasakan oleh ibu.

Umumnya ibu akan melahirkan buah hatinya pada minggu ke 39 dan 41 usia kehamilan, dan di usia kehamilan tersebut tubuh ibu akan mengalami beberapa perubahan sebagai persiapan untuk proses persalinan. Berikut ini tanda-tanda melahirkan yang bisa Anda waspadai.

  1. Perubahan Posisi Bayi

Pada waktu 1 hingga 4 minggu bahkan tak menutup kemungkinan beberapa jam sebelum masa persalinan Anda, posisi bayi dalam kandungan akan berubah.

Posisi kepala bayi yang sebelumnya berada di atas dan kaki di bawah, akan berbalik dan perlahan mulai turun ke panggul. Posisi kepala bayi yang berubah di bawah ini menjadi salah satu pertanda jelas bahwa Anda akan segera melahirkan.

  1. Nyeri Punggung

Ketika persalinan semakin dekat, Anda akan mulai merasakan kram atau tekanan pada panggul dan dubur. Tak hanya itu, area punggung dan paha juga akan terasa nyeri. Rasa sakit pada bagian belakang ini disebabkan oleh pergerakan bayi dalam kandungan yang sudah mulai menekan tulang belakang.

  1. Muncul Banyak Lendir

Memasuki bulan-bulan terakhir sebelum masa persalinan, tubuh ibu akan memproduksi progesteron. Progesteron tersebut berperan melunakkan jaringan area serviks serta panggul, sehingga hal tersebut berdampak pada munculnya lendir yang lebih banyak dari bulan-bulan sebelumnya.

  1. Kontraksi

Tanda-tanda melahirkan selanjutnya adalah kontraksi. Kontraksi merupakan keadaan dimana terjadi pengenduran dan pengencangan otot rahim, umumnya terjadi selama 40 hingga 60 detik dan terjadi setiap 10 hingga 20 menit.

Kontraksi pada tiap wanita dapat berbeda, sehingga waktu munculnya kontraksi pun dapat berbeda pula. Namun umumnya kontraksi pada akhir masa kehamilan diikuti oleh pembukaan mulut rahim serta munculnya flek kecoklatan.

  1. Air Ketuban Pecah

Kantong ketuban merupakan selaput pembungkus yang melindungi bayi selama berada di kandungan, dan air ketuban yang pecah menjadi suatu pertanda persalinan Anda sudah sangat dekat. Air ketuban dapat keluar seperti tetesan dan dapat pula keluar seperti semburan.

Tips Sebelum Melahirkan

Ketika menunggu persalinan tiba, tak sedikit ibu yang merasakan kecemasan luar biasa sehingga berujung pada stres. Agar tetap tenang, beberapa hal ini dapat Anda lakukan ketika menunggu hari persalinan tiba:

  • Beristirahat yang cukup, sehingga pada saat proses persalinan tubuh Anda dalam kondisi sehat dan bugar
  • Manjakan diri Anda dengan melakukan hal-hal yang membuat Anda rileks dan bahagia, misalnya berendam di air hangat, membaca buku favorit, dan lain-lain.
  • Mencari rute alternatif ke rumah sakit guna menghindari kemacetan yang mungkin terjadi sewaktu-waktu.
  • Mempersiapkan barang bawaan yang dikemas dalam satu tas seperti pakaian ganti, perlengkapan bayi, peralatan mandi, makanan ringan, selimut, bantal, dan lain-lain.

Itulah tanda-tanda melahirkan yang harus diwaspadai agar dapat segera pergi ke rumah sakit atau bidan. Semoga bermanfaat!

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.