June 19, 2021

Jutawan

Jutawan

Cara Budidaya Tanaman Anggrek

2 min read

Cara Membudidayakan Tanaman Anggrek -Tahukah Anda cara membudidayakan anggrek? Anggrek merupakan salah satu jenis bunga abadi yang keberadaannya tidak lekang oleh waktu. Itu sebabnya Tanaman Anggrek masih rutin dibudidayakan untuk berbagai keperluan. Caranya cukup mudah, karena hanya dengan media arang saja anggrek sudah bisa ditanam.

Cara Budidaya tanaman Anggrek

Setidaknya ada beberapa langkah yang bisa dilakukan agar budidaya tanaman anggrek tumbuh dengan baik.

Memilih Bibit

Langkah pertama adalah memilih bibit bunga anggrek yang akan dibudidayakan. Dalam hal ini, tentukan juga jenis anggrek yang akan dibudidayakan. Namun banyak orang yang memberikan rekomendasi untuk memilih anggrek dendrobium atau anggrek bulan. Pasalnya, kedua jenis anggrek tersebut lebih diminati para pecinta bunga dan memiliki nilai jual yang tinggi.

Bahan dan alat

Langkah selanjutnya adalah menyiapkan bahan dan alat yang akan dibutuhkan untuk menanam bibit kolak. Hal ini penting dilakukan agar proses penanaman berjalan dengan baik agar bibit tidak layu atau bahkan mati sebelum dipindahkan. Bahan dan alat yang harus ada seperti:

  • Bibit anggrek kolak.
  • Fungisida dan insektisida.
  • Pupuk berbahan dasar nitrogen tinggi.
  • Lokasi budidaya.
  • Arang dan batu bata.
  • Panci terbuat dari ubin.

Aklimatisasi dan Proses Penanaman

Jika bahan dan alat sudah tersedia maka langkah selanjutnya adalah menanam bunga. Proses penanaman ini biasa disebut aklimatisasi (penyesuaian). Dalam prosesnya, bibit bunga anggrek dipindahkan ke media tanam lain berupa pot yang lebih besar.

Perawatan dan Penyiraman

Setelah masa tanam berumur lima hari, penyiraman baru bisa dilakukan setiap pagi dan sore hari. Penyiraman sebaiknya menggunakan alat penyemprot.

Pemupukan Bunga

Proses pemupukan sebaiknya dilakukan dengan cara disemprot dengan pupuk cair. Pupuk yang disemprotkan terlebih dahulu harus tinggi nitrogen. Pupuk harus disemprotkan pada area daun. Jika sudah diberi pupuk, tidak perlu disiram lagi dengan air. Demikian ulasan tentang cara budidaya Tanaman Anggrek semoga bermanfaat.

Beli Anggrek di Angphotorion

Sumber: Angphotorion

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.