Cara budidaya tanaman hias begonia yang benar

Sebenarnya ada dua cara menanam begonia, dari biji atau umbi. Menanam begonia dari biji sama dengan menanam benih dari tanaman lain, hanya saja biji begonia membutuhkan waktu yang lama untuk tumbuh menjadi tanaman begonia kecil, tergantung varietasnya membutuhkan waktu sekitar dua atau empat bulan. Sedangkan menanam begonia dari umbi relatif mudah. Berikut cara menanam begonia dengan umbi.

 

Siapkan umbi begonia.

Siapkan pot dengan media tanam. Begonia tidak terlalu menyukai tanah, jadi ubah media tanah menjadi lumut gambut, kompos, atau kulit kerang. Begonia lebih menyukai media tanam yang mengalir dengan baik. Pot yang akan  digunakan tidak wajib terlalu besar cukup yang sedang saja.

 

Lubang-lubang pada media tanam sedikit lebih besar daripada untuk umbi rajungan. Sebagai permulaan, kami merekomendasikan hanya menggunakan satu pot tangkai. Tutup kembali dengan media tanam di dalam pot.

Sirami begonia dengan acuh tak acuh. Pastikan medianya lembab. Jangan sampai ada genangan air. Siram secara teratur dan hemat agar begonia tidak mengering. Cara terbaik adalah menggunakan penyemprot (sprinkler) untuk penyiraman.

Simpan umbi begonia pot di lokasi yang cerah. Jangan menyimpan begonia di tempat terbuka, karena hujan dapat menyebabkan umbi membusuk.

 

Tips Merawat Begonia

 

Periksa pot crabapple secara teratur. Jika begonia pot terinfeksi gulma, bersihkan gulma.

Aplikasikan pupuk cair dengan konsentrasi 20-20-20 sebulan sekali. Campuran kompos dan lumut gambut juga bisa digunakan.

Jika Anda menemukan jerami di sekitar rumah, ambillah. Taruh di media tanam bunga begonia Anda. Efek dari pemberian pipet ini adalah menjaga media tumbuh tetap basah dalam waktu yang lebih lama. Jadi tidak perlu sering-sering disiram.

 

Potong segera bunga begonia yang layu.

Jika terserang hama, nutrisi antijamur harus segera disemprotkan tergantung pada infestasi hama. Jika hama yang menyerang adalah bekicot atau bekicot, Anda hanya perlu menaburkan bubuk cangkang telur di sekitar tanaman begonia (permukaan media tanam).

catatan:

Jika begonia sudah mulai tumbuh. Anda dapat menanam tanaman lain dalam pot yang sama dengan begonia, karena begonia tidak memakan banyak ruang. Namun, pastikan drainasenya masih bagus.

 

Info tentang tanaman lainya bisa kunjungi www.marylandlawnandgarden.com