Cara Menggunakan Mesin Kasir Alfamart Dengan Mudah

Cara menggunakan mesin kasir AlfamartMesin kasir menjadi alat yang dipakai untuk mencatat angka pembayaran serta menyimpan uang tunai yang diterima. Ada banyak variasi mesin kasir termasuk dalam hal ini adalah mesin ketik elektronik, mesin kasir digital di perangkat tablet, maupun juga mesin kasir komputer. Masing-masing jenisnya punya fungsi tersendiri sekaligus persamaan satu dengan yang lain.

Cara menggunakan mesin kasir Alfamart

Sebagai salah satu minimarket terbesar, Alfamart juga menggunakan mesin kasir ini sebagai alat untuk bertransaksi. Namun, ternyata banyak yang belum mengetahui cara pengoperasiannya. Inilah caranya.

Menyalakan Mesin Kasir

Anda dapat menyalakan mesin kasir dengan cara menekan tombol power on/off yang terletak di sebelah belakang atau sisi mesin. Pada jenis mesin kasir lain, tombol ini ada di bagian depan atas mesin. Atau, bisa di bagian mana saja dan perhatikan bahwa tombol onĀ  ini sudah anda nyalakan.

Mengatur Program Di Mesin Kasir

Diantara mesin kasir yang ada sekarang banyak mempunyai tombol yang sudah diprogram untuk mengelompokkan ciri yang serupa ke dalam beberapa kategori. Misalnya, untuk kategori barang makanan, produk digital, dan sebagainya.

Input Di Mesin Kasir

Berikutnya, cara menggunakan mesin kasir Alfamart bisa scan barcode. Pada bagian quantity ketik jumlah barang kemudian tekan enter dan kemudian pilih ya. Selanjutnya tekan simbol plus (+) dan jika menilik member tekan Ya. Namun, jika tidak memiliki kartu member Alfamart maka pilih Tidak.

Pada menu pembayaran ada beberapa opsi. Sejumlah opsinya mulai dari menggunakan kartu, menggunakanĀ  voucher, serta menggunakan wallet. Jika menggunakan uang cash, maka bisa pilih cash saja.

Berikutnya, pilih nominal uang konsumen berapa. Selanjutnya, tekan proses. Lalu tekan tanda plus, kemudian akan muncul popup layar. Jika konsumen ingin mendonasikan uangnya maka pilih Ya, Akan tetapi jika konsumen tidak ingin mendonasikan maka pilih Tidak.

Jika memilih Ya, kemudian masukkan nominal uang yang ingin didonasikan. Kemudian, tekan proses. Tunggulah beberapa saat datang kemudian akan muncul pemberitahuan bahwa pembayaran telah selesai dilakukan. Secara otomatis juga struk akan di-print.

Keunggulan Penggunaan Mesin Kasir Alfamart

Mesin kasir Alfamart memang mempunyai sejumlah keunggulan tersendiri. Sejarah transaksi, dilakukan dengan sistem barcode sehingga sangat cepat dilakukan. Tidak perlu mengetikkan satu-persatu angka nominal harga sehingga lebih efektif dan meminimalisir terjadinya kesalahan. Cukup scan barcode yang ada di produk dan kemudian harganya akan tertera di layar.

Selanjutnya, mesin kasir Alfamart juga dilengkapi dengan touchscreen dan juga donasi. Jadi, pada penggunaannya sekarang bisa lebih tahan lama serta meningkatkan nilai lebih dimata pelanggan. Mungkin Anda juga pernah mendonasikan uang kembalian di kasir Alfamart?. Tentu ini bagus di mana anda sambil berbelanja juga bisa sambil beribadah.

Berbagai keunggulan mesin kasir Alfamart bisa anda dapatkan juga di mesin kasir dari www.imin.co.id. berbagai tipe mesin kasir yang serupa kegunaannya dengan mesin kasir Alfamart ini akan bisa anda dapatkan dengan mudah. Banyak mesin kasir yang canggih dan memiliki banyak fitur, ini juga semakin meningkatkan potensi keuntungan anda dan nilai lebih dimata pelanggan.

Jadi, perangkat kasir yang ada di situs www.imin.co.id tidak akan diragukan lagi kecanggihannya dan bisa sama dengan mesin di kasir di Alfamart. Penggunaan atau cara menggunakan mesin kasir di Alfamart yang sudah kami jelaskan di atas, tentunya menambah pengetahuan anda untuk mencoba juga jenis mesin kasir ini.