March 1, 2021

Jutawan

Jutawan

Cetak PDF Bolak Balik

2 min read

Saat ini semua orang bisa melakukan pencetakan berbagai jenis file sendiri. Namun, dalam cetak pdf bolak balik, Anda memerlukan jenis printer khusus yang biasanya ada pada sebuah jasa printing profesionak. Kemudian ada sejumlah langkah untuk melakukannya.

Cara Cetak PDF Bolak Balik Secara Manual

Seperti yang sudah Anda ketahui, bahwa mencetak menggunakan cara bolak balik biasanya hanya ada pada perusahaan cetak profesional. Namun, jika jenis printer tidak mendukung, masih bisa melakukan proses cetak ini. Berikut sejumlah caranya.

  1. Cetak PDF Bolak Balik Manual Lewat MS. Word

Cara pertama yang bisa Anda pilih dalam mencetak menggunakan printer sendiri adalah lewat Ms. Word. Ini merupakan langkah mudah dengan awalan berupa membuka file melalui software ini kemudian klik File lalu menu Print atau bisa lewat tombol kombinasi CTRL + P.

Setelah itu, pada menu Pengaturan silahkan mengubahnya menjadi Manually Print on Both Sides. Klik Print. Berikutnya, klik CTRL + P pada dokumen lalu pilih Print All Pages dan pilih lagi Only Print Odd Pages. Lanjutkan hingga pada pilihan Only Print Even Pages.

  1. Cetak PDF Bolak Balik Manual Lewat PDF

Pada sebuah jasa cetak ebook, biasanya memiliki cara cetak otomatis lewat pdf. Kini, Anda juga melakukannya menggunakan printer di rumah dengan metode manual. Pertama-tama, bukalah lembar naskah dokumen yang ingi dicetak.

Langkah selanjutnya klik CTRL + P lalu More Options. Pilih Odd Pages Only dan Print. Setelah selesai, maka lanjutkan cara yang sama hingga pada saat menemui opsi Odd or Even, silahkan klik Even Pages Only kemudian Cetak hingg selesai.

  1. Cetak PDF Bolak Balik Manual Lewat Ms. Excel

Selanjutnya ada cara cetak pdf bolak balik secara manual lewat Ms. Excel. Caranya juga sangat mudah sekali. Pada langkah awal, silahkan untuk membuka dokumen Anda melalui software yang satu ini kemudian klik CTRL + P.

Cetak halaman pertama dengan angka 1 pada pilihan Pages Box kemudian Print. Lakukan hal yang sama dengan mengisikan angka 2 dan seterusnya sampai selesai.

Demikian informasi tentang cara cetak pdf bolak balik secara manual lewat sejumlah software. Semoga bermanfaat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.