July 28, 2021

Jutawan

Jutawan

Imun Tubuh adalah? Cari Tahu Jawabannya!

2 min read
Pengertian Imun Tubuh

Manusia pasti mempunyai imun tubuh yang berfungsi untuk membuat tubuh tidak mudah terserang penyakit. Tubuh manusia membutuhkan imunitas untuk melindungi organ tubuh, atau disebut dengan antibodi. Antibodi akan dihasilkan dari sel-sel leukosit atau sel darah putih yang bekerja menghancurkan hal yang dapat menyebabkan penyakit. Nah, imun tubuh adalah? Temukan jawabannya disini!

Pengertian Imun Tubuh

Imun tubuh adalah sistem pertahanan atau kekebalan tubuh yang berperan dalam mengenali dan menghancurkan benda-benda asing atau sel abnormal yang dapat merugikan tubuh. Imun tubuh tidak memiliki tempat khusus di dalam tubuh dan tidak dikontrol oleh otak. Imun tubuh berbentuk sel-sel tertentu yang berfungsi menjadi pasukan tubuh dalam memerangi patogen.

Jika patogen masuk ke dalam tubuh, maka antigen atau molekul yang terletak pada dinding bakteri akan merangsang sistem imunitas untuk menghasilkan antibodi yang akan melawan dan melindungi tubuh. Ada 2 jenis imun tubuh, yang pertama adalah nonspesifik dan yang kedua adalah spesifik.

Imun Tubuh Nonspesifik

Imun tubuh nonspesifik atau disebut juga dengan pertahanan tubuh bawaan adalah imun tubuh yang menjadi garis utama tubuh yang pertama melawan semua patogen yang masuk ke dalam tubuh. Imun tubuh nonspesifik ini berfungsi untuk mencegah terjadinya peradangan setelah adanya luka atau infeksi pada tubuh.

Imun tubuh nonspesifik tidak dapat membedakan patogen yang masuk ke dalam tubuh, jadi semua patogen yang terdeteksi oleh imun tubuh nonspesifik akan dianggap sebagai benda asing yang mengganggu tubuh. Imun tubuh nonspesifik memiliki anggota yaitu, kulit, membran mukosa, sel-sel fagosit, protein antimikroba dan inflamasi.

Imun Tubuh Spesifik

Jika patogen berhasil menembus pertahanan kedua tubuh, maka patogen akan melewati garis pertahanan ketiga yaitu imun tubuh spesifik. Imun tubuh spesifik terdiri dari sel limfosit B, limfosit T, makrofag, dan antibodi. Imun tubuh spesifik dapat langsung mengenali dan menghancurkan patogen yang masuk ke dalam tubuh hingga habis tak bersisa.

Uniknya, imun tubuh spesifik juga mempunyai ingatan yang tajam sehingga dapat mengingat patogen dan antigen yang pernah masuk ke dalam tubuh dan ingat bagaimana cara mengalahkan patogen ini sepanjang hidup. Jadi, saat patogen masuk ke dalam tubuh kedua kali, maka respon dari sistem tubuh akan menjadi lebih cepat.

Cara Meningkat Imun Tubuh

Memiliki imun yang kuat sangat penting agar terhindar dari penyakit. Ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk meningkatkan imun tubuh. Berikut cara yang bisa Anda lakukan.

  • Cukup Istirahat

Tidur yang kurang dapat menyebabkan turunnya imunitas tubuh. Maka dari itu, sangat penting untuk mencukupi kebutuhan tidur.

  • Hindari Stres

Stres dapat meningkatkan produksi hormon kortisol. Peningkatan kortisol ini akan mengakibatkan penurunan fungsi kekebalan tubuh. Maka dari itu, Anda perlu mengelola stres dengan baik agar terhindar dari penurunan imun tubuh.

  • Rutin Berolahraga

Sebaiknya olahraga selama 30 menit setiap hari. Olahraga bermanfaat untuk meningkatkan kekebalan imun tubuh dalam melawan infeksi. Anda bisa melakukan olahraga yang mudah seperti berjalan kaki.

Nah, imun tubuh adalah sesuatu yang sangat penting dalam hidup kita. Maka dari itu, terapkan pola hidup sehat dan konsumsi suplemen agar imun tubuh meningkat.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.