Ini Dia Potensi Keuntungan Dengan Berbisnis Bunga

Ketika kata-kata tidak cukup untuk mengungkapkan apa yang ada di hati Anda, entah itu pernyataan cinta, permintaan maaf, atau hanya ucapan selamat, bunga bisa menjadi cara untuk menyampaikan cinta seseorang. Misalnya, untuk menyatakan cinta, mawar merah menjadi pilihan yang populer. Namun, jika Anda ingin meminta maaf,  tulip atau anggrek yang dikemas dalam bunga buket mungkin bisa menjadi pilihan yang baik.

Tidak hanya itu, ucapan selamat dengan bunga bisa kita buat dengan sesuatu yang berbeda yaitu menggunakan rangkaian atau karangan yang dibuat dari berbagai jenis bunga. Hal ini juga sering digunakan pada saat acara pernikahan, wisuda, pembukaan toko baru dan lain sebagainya. Melihat dari potensi tersebut bisnis yang terkait dengan bunga pun dapat kita simpulkan memiliki potensi penghasilan seindah dengan tampilannya.

Akan tetapi jangan salah sangka, peluang kita dalam mengambil keuntungan tidak hanya berada di ucapan selamat saat pernikahan, peresmian kantor baru, ataupun ucapan duka cita. Saat ini, banyak sekali permintaan untuk buket bunga wisuda dan dekorasi acara-acara besar seperti acara pesta. Bahkan, saat ini juga ada yang memanfaatkan keindahan dari bunga untuk membuat hiasan makanan dan juga edible flowers, yaitu bunga yang dapat dikonsumsi.

bunga buket

Dengan menggunakan dekorasi hiasan tersebut makanan yang disajikan tidak hanya unik dan lebih enak dipandang, tetapi juga memiliki rasa tersendiri. Oleh karena itu, bisnis  bunga tidak hanya dikuasai oleh florist. Peluang bisnis ini  tidak terbatas pada toko bunga  pinggir jalan. Dalam beberapa tahun terakhir,  banyak anak muda sudah mulai memasuki bidang bisnis. Dengan modal investasi yang kecil, para pelaku usaha bisa meraup keuntungan hingga puluhan juta rupiah per bulan.

Jika florist selalu mendapatkan bunga dari pemasoknya, maka untuk bisnis edible flower mereka bisa mengandalkan kebun sendiri. Alasannya adalah karena bunganya cukup banyak bisa dimakan. Siapa yang  tahu bahwa bunga liar yang tumbuh di kebun Anda  bisa dimakan? Bisnis bunga juga bisa dilakukan oleh siapa saja, tanpa ada pelatihan khusus. Namun, tentu saja, pengetahuan yang baik tentang bunga, karakteristiknya, serta cara merawatnya dengan benar sangat penting.

Bagi kamu yang ingin menekuni atau baru akan terjun ke bisnis ini, maka kamu akan membutuhkan pengetahuan yang banyak mengenai bunga dan juga bercocok tanam. di kota-kota besar seperti Jakarta ada beberapa tempat yang menawarkan kursus atau workshop merangkai bunga. Selain pemilihan bunga yang tepat, sebagai pemilik usaha kamu juga harus memikirkan tentang strategi pemasaran yang tepat bagi calon pembeli. Untuk hal ini apabila kamu fokus kepada produk kamu bisa bekerja sama dengan design agency Jakarta atau agensi periklanan.