Inilah Komponen Yang Ada di Kamera CCTV

Untuk mengetahui apa saja komponen yang ada di dalam kamera CCTV tentunya bukan hal yang mudah. Untuk mengetahuinya dengan cepat kamu juga harus mencari tahu CCTV jenis apa yang kamu pasang.  Kamu dapat mengetikan keyword nama atau merk dari CCTV yang ingin kamu ketahui. Tentunya akan muncul sangat banyak artikel tentang apa yang kamu cari. Kamu juga dapat membaca lengkap artikel dibawah ini untuk mengetahui lebih dalam tentang komponen kamera CCTV. 

BACA JUGA : CCTV CILACAP

Inilah Komponen Yang Ada di Kamera CCTV

Komponen Kamera CCTV

  1. Kamera

Kamera CCTV merupakan perangkat yang sering dikira sebagai satu-satunya Kamera CCTV. Memang, benda ini menjadi benda vital pada harga paket Kamera CCTV. Kamera CCTV bertugas untuk merekam dan menyorot setiap sudut pada sebuah ruangan maupun area terbuka. Camera CCTV inilah yang menjadi kamera perekam. Harga paket Kamera CCTV yang berupa kameranya saja sangatlah beragam. Harga tersebut ditentukan dari fungsi, kualitas dan penggunaannya. Namun secara umum, terdapat 2 jenis kamera yang terdapat pada harga paket Kamera CCTV, yakni kamera CCTV Network dan kamera CCTV Analog.        

  1. DVR (Digital Video Recorder)

DVR kepanjangan dari Digital Video Recorder ialah merupakan perangkat lainnya yang juga termasuk ke dalam harga paket CCTV. DVR bekerja segara bersamaan dengan kamera CCTV. Hasil rekaman kamera CCTV akan tersimpan pada DVR. Secara umum, ada dua jenis DVR yang sering dijual di pasaran, yakni Stand Alone DVR dan PC Card DVR. Namun, kedua jenis DVR ini sama-sama bisa menyimpan hasil rekaman yang bisa digunakan untuk menjadi bukti penanganan kejahatan.

  1. Hard Disk Drive (HDD)

Hard Disk Drive atau lebih sering disebut sebagai HDD merupakan media untuk menyimpan data yang diperoleh dari gambar video hasil rekaman kamera CCTV. Hard Disk Drive terpasang pada DVR. Besar kapasitas HDD sangatlah berpengaruh pada durasi proses perekaman yang mampu dilakukan oleh sebuah Kamera CCTV. Oleh karena itu, pastikan Anda memilih harga paket Kamera CCTV dengan HDD yang kapasitasnya sesuai dengan kebutuhan Anda.

  1. Coaxial Cable

Coaxial Cable merupakan kabel yang berfungsi menghantarkan signal video dari kamera CCTV ke DVR, dan sebaliknya, yakni dari DVR ke monitor.

  1. Power Cable

Power cable termasuk dalam harga paket Kamera CCTV karena alat ini diperlukan untuk menjangkau sumber listrik. Power cable sangatlah berperan ketika kabel kamera CCTV yang disediakan tidak cukup panjang untuk dihubungkan ke sumber listrik terdekat.

  1. BNC Connector

BNC Connector merupakan alat yang terpasang pada kabel coaxial. Alat ini penting pada harga paket Kamera CCTV karena bisa menjadi penghubung antara kabel dengan perangkat Kamera CCTV yang berupa monitor, DVR, serta kamera.

 

Sekilas Tentang kamera CCTV

Tingginya tingkat kesadaran akan bentuk perlindungan terhadap aset, property hingga orang-orang tersayang menjadikan kamera CCTV banyak diminati. Pasalnya Closed circuit television ini dapat difungsikan untuk memantau area sekitar. Hal ini karena kamera kamera CCTV dapat menangkap signal dan membawa serta mengubahnya menjadi gambar/video yang dapat disaksikan secara langsung dibalik layar monitor!

Fungsi kamera CCTV

Sebelum sudah disinggung bahwa closed circuit television atau kamera CCTV ini berperan sebagai ekstra pengaman. Sebagai system keamanan di suatu tempat yang dapat dimonitor secara langsung tanpa harus di tempat yang sama. Untuk lebih lengkapnya, fungsi kamera CCTV dapat Anda ketahui dari:

  • Memudahkan pengawasan property dan orang-orang tersayang dalam satu akses. Cukup dibalik layar monitor, Anda bisa mengecek secara langsung apa yang sedang terjadi juga yang sudah berlalu. Karena data rekaman pada kamera CCTV dapat diputar ulang.
  • Meminimalisir resiko tindakan kejahatan, seperti pencurian. Mengingat adanya aksi gagal pencurian karena terekam kamera CCTV. Bahkan tindakan mencurigakan bisa dicegah sejak awal untuk menggagalkan pencurian itu sendiri.

 

Macam Macam Kamera CCTV

Sebagai system keamanan yang terbaik juga canggih, CCTV hadir dalam beberapa macam. Puluhan bahkan lebih bisa ditemui di toko-toko terdekat. Beberapa diantaranya dan yang paling banyak diminati oleh konsumen seperti:

  1. Kamera CCTV Dome

Adalah kamera CCTV dengan bentu kubah. Desainnya modern dan stylish. Dilengkapi dengan beragam fitur terbaik mulai dari kualitas kamera HD, kamera infra merah dan ada juga yang vandalproof atau yang tahan terhadap kerusakan. Tipe kamera CCTV dome terbilang banyak diminati oleh konsumen dan banyak ditemui di area perkantoran, mall, apartement dan lainnya.  

  1. IP kamera

Merupakan varian kamera CCTV yang bisa mengirim serta menerima data melalui jaringan computer dan internet. Disebut juga dengan network kamera.  

  1. Waterproof Camera

Ialah kamera CCTV yang didesain secara khusus dan terbuat dari material tangguh. Tujuannya agar tidak mudah rusak meski kena angin, hujan, salju juga partikel kecil lainnya.  

  1. Explosion Proof Camera

Merupakan kamera CCTV yang memiliki daya kekuatan tangguh dan hasil rekaman yang bagus. Kamera CCTV ini tahan dari cuaca ekstrim sekalipun sehingga sangat pas jika dtempatkan di pabrik, area pertambangan dan lainnya.  

  1. Standard Box Camera

Adalah kamera CCTV berbentuk box perseg panjang yang biasanya dipasang di ATM, kantor, market, hotel dan lainnya.  

  1. Kamera CCTV PTZ (Pan Tilt Zoom)

Ialah CCTV dengan kamera yang dapat mengarah ke kiri dan kanan, juga ke atas dan bawah. Gerakan tersebut dapat diatur secara otomatis maupun manual dengan mesin control. Sehingga dapat menjangkau ke seluruh sudut ruang. Tipe kamera CCTV ini sangat memudahkan proses monitoring di suatu tempat. Seperti di aula, bandara, dan lainnya.  

  1. Kamera CCTV Bullet

Hampir mirip dengan kamera dome, tetapi kamera CCTV bullet biasanya dipasang di sudu ruang tertentu untuk menangkap gambar/video dalam arah tertentu.  

  1. Kamera CCTV Wireless

Merupakan satu komponen kamera CCTV yang sudah dilengkapi dengan wireless dan bisa dihubungkan menggunakan wifi. Dengan begitu hasil monitor bisa langsung diakses. Untuk tipe ini bisa juga diakses menggunakan mode alternative dengan transmisi data.  

  1. Kamera CCTV Day and Night

Merupakan tipe kamera CCTV yang dapat beradaptasi dalam berbagai kondisi cahaya, baik itu siang maupun malam. Sehingga saat hari gelap telah tiba, kamera CCTV tetap bisa mengambil gambar seperti pada gambar di siang hari. Itulah beberapa contoh dari jenis-jenis kamera CCTV yang bisa ditemui di pasaran. Dan masih banyak lagi varian kamera CCTV lain. Lalu, manakah yang Anda minati? kamera CCTV untuk indoor dan outdoor yang seperti apakah yang Anda inginkan? Apapun pilihan tersebut pastikan itu adalah yang terbaik.