Inilah Pengertian dan Fungsi Power Supply Yang Harus Anda Ketahui!

Salah satu layanan paling dibutuhkan saat ini yaitu dari industri pengisi daya DC. Masyarakat modern memang tidak bisa dipisahkan dari hal-hal berkaitan dengan kelistrikan. Lalu sebenarnya apa yang disebut dengan power supply?

Sebagian dari Anda mungkin saja belum tahu apa itu power supply. Sebaiknya ketahui terlebih dahulu mengenai pengertian dan fungsinya supaya tidak sampai salah membedakan dengan komponen lain.

Pengertian Power Supply Versi Industri Pengisi Daya DC

Power supply merupakan komponen yang memiliki tugas untuk mengolah daya ke satu bahkan lebih beban listrik. Desainnya dibuat khusus untuk mengubah beberapa bentuk energi yang berbeda, misalnya saja listrik, energi mekanik, matahari, dan kimia.

Keberadaan power supply sangat penting pada komputer dan perangkat elektronik lainnya. Jika tidak ada, benda-benda elektronik tidak dapat berfungsi. Oleh karenanya saat mengalami kerusakan, biasanya perangkat akan terkena imbasnya.

Di dalam power supply terdapat kotak logam yang berisi kipas dan beberapa kabel yang terhubung pada perangkat. Pada komputer, produk ini dibedakan menjadi 3 jenis yaitu power supply AT, ATX dan BTX.

Seluruhnya memiliki keunggulan dan kekurangan masing-masing. Jadi Anda harus mengetahui hal itu sebelum memilih salah satunya. Jangan sampai menggunakan produk yang tidak mendukung karena malah membuat perangkat bermasalah.

Fungsi Power Supply

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, power supply merupakan bagian penting yang perlu ada pada perangkat elektronik. Bagi yang penasaran dengan apa saja fungsinya, simak penjelasan lengkapnya di bawah ini:

       Mengubah arus tegangan tinggi AC (Alternating Current) ke arus bertegangan rendah DC (Direct Current).

       Menjadi daya cadangan yang umumnya berbentuk baterai, misalnya terdapat pada UPS. Tujuannya adalah untuk mencegah listrik mati mendadak jika supply energi di pusat berhenti.

       Membuat arus tegangan yang mengalir ke perangkat tidak melebihi batas maksimalnya.

Saat ini sudah terdapat banyak sekali industri pengisi daya DC, namun Anda perlu memilih layanan terbaik. Salah satunya yaitu di https://pmienergyindonesia.com/. Jika masih ragu, dapat melakukan konsultasi pada CS.