Jenis Saham Berdasarkan Kinerja Perdagangan

Saham (stocks) jenis ini punya varian lebih banyak. Dan kamu harus memahami betul perbedaan setiap jenis untuk bisa meraih cuap dalam setiap transaksi yang dilakukan di bursa. Jenisnya adalah:

 

1.Growth Stocks

Jenis ini dibagi lagi dalam dua kelompok. Yaitu Well-Known dan Lesser-Known. Well-Known sedikit mirip dengan Blue Chip Stocks, karena berasal dari emiten yang punya kestabilan laga dan jadi leader di industri yang sama.

Sementara Lesser-Known adalah saham yang berasal dari emiten yang tidak popular di kalangan investor. Biasanya dari perusahaan-perusahaan daerah. Namun, tetap menunjukkan ciri-ciri sebagai emiten yang terus berkembang positif.

 

2. Income Stocks

Saham ini masih termasuk favorit di kalangan investor. Karena emiten dikenal punya kemampuan membayar dividen lebih tinggi dari rata-rata dividen tahun sebelumnya.

Kemampuan dalam memberikan dividen secara rutin dan besar jadi daya tarik sendiri dari sahamĀ  yang ada di http://www.carabelisaham.id/ jenis ini. Termasuk membayarkan dividen secara tunai.

 

3.Blue Chip Stocks

Saham ini wajib dimiliki para investor pemula. Bahkan tetap jadi favorit di mata investor senior sekalipun. Karena menjanjikan penghasilan stabil dan konsisten dalam membayar dividen. Saham ini biasanya dimiliki perusahaan bereputasi bagus dan menjadi yang terdepan di industry yang sama.

 

4. Speculative Stocks

Biasanya saham jenis ini berasal dari perusahaan yang belum bisa menghasilkan laba secara rutin. Namun punya potensi yang cukup besar untuk memberi penghasilan tinggi di masa depan. Tergolong sebagai saham berisiko tinggi, sekaligus menjanjikan penghasilan yang tinggi juga.

 

5. Counter Cyclical Stocks

Saham jenis ini adalah jenis yang tahan banting saat kondisi ekonomi mengalami resesi. Tak akan terpengaruh oleh kondisi ekonomi makro.

Nilai saham jenis ini bisa tetap tinggi saat ekonomi dilanda resesi karena kemampuan emiten untuk tetap mendapatkan laba yang tinggi. Sehingga mampu membagikan dividen yang tinggi kepada para pemilik saham.