Jual Ikan Koi Ciamis

Ikan koi juga merupakan jenis ikan yang sering dipelihara di kolam taman, memiliki gerakan yang lambat dan fleksibel, ikan koi ini juga sering di adu estetis, cara penilaian biasanya berdasarkan warna dan proporsi tubuh.

Ikan koi ini sendiri terdiri dari berbagai jenis varian yang sangat cocok dengan warna sisiknya. Dari segi kualitas air, ikan koi ini akan senang dengan jenis air yang memiliki kisaran pH 6 hingga 8 dengan suhu rata-rata 25-31 derajat Celcius.

Berikut kami berikan informasi dasar tentang jenis-jenis ikan Koi Besar beserta gambar ikan koi berdasarkan jenisnya, simak terus ulasan kami sampai akhir kalimat

 Koi Tancho

Berikutnya adalah jenis ikan koi terbaik yang diraih oleh jenis tancho. Warnanya cukup unik dan juga sangat mudah dikenali. Karena jenis tancho ini hanya memiliki pola warna merah di bagian kepalanya.

Sedangkan seluruh tubuh ikan koi tancho ini memiliki warna dasar putih cerah. Namun jenis tancho sendiri setidaknya memiliki 3 varian yaitu tancho showa, tancho kohaku, tancho ghosiki, tancho goromo, tancho kujaku dan tancho sanke. Varian tersebut akan kita bahas di bawah ini. Harga Tancho koi termurah Rp. 450.000 tapi tergantung ukuran dan juga daerah asalnya.

ikan koi asagi

Bisa dibilang ikan koi jenis asagi sendiri merupakan ikan koi yang paling lama dikenal di kalangan pecinta koi. Mungkin jenis ikan koi ini sendiri mungkin yang paling mengesankan di antara spesies lainnya karena ikan koi ini memiliki bintik-bintik di tubuhnya dan pola pada bintik-bintik itu sendiri sangat unik dibandingkan dengan jenis koi lainnya.

Sementara itu, ada juga jenis ikan koi shusui lainnya yang juga masih berkerabat dengan ikan koi asagi, pola yang menempel pada tubuhnya juga hampir sama. Di pasaran, harga koi jenis Asagi ini sendiri cukup murah. Untuk ukuran 18 cm bisa dijual dengan harga sekitar Rp. 85-100 ribu/ekor.

 

Ikan Koi Shiro Matsuba

 Ciri utama shiro matsuba ini memiliki warna dasar putih dengan sedikit warna hitam pada sisiknya. Jadi jika dilihat sekilas, ikan koi Shiro Matsuba ini terlihat seperti jaring. Ikan ini juga cukup terkenal dan harganya juga masih standar seperti jenis ikan koi lainnya yaitu kisaran harga Rp. 125.000-250.000.

Jenis Koi Shiro Utsuri

Koi utsuri dan shiro bekko adalah spesies koi dengan varian yang hampir sama sekilas. Padahal, jika dilihat secara detail, terdapat banyak perbedaan warna dan corak yang cukup mendasar.

Jenis koi Shiro bekko dan shiro utsuri adalah jenis koi yang sama dan tersedia dalam dua warna hitam dan putih. Namun, untuk shiro bekko ini, warna dasarnya putih ditambah sedikit bintik hitam. Sedangkan shiro utsuri memiliki warna dasar hitam sebagai warna dasar dan corak putih selain kombinasi warna pada tubuhnya. Harga ikan koi shiro utsuri ini berkisar Rp. 350.000 hingga 1,5 juta. Tergantung kualitas dan ukuran tubuh ikan koi.

Ikan Koi Kujaku

Yang kedua adalah jenis kujaku koi. Yang mana jenis koi kujaku yang memiliki nama yang hampir mirip dengan kohaku. Namun, tidak hanya mirip dalam penamaan, tetapi juga dalam skema warna yang sekilas juga hampir mirip dengan jenis kohaku. Koi kujaku ini pada dasarnya berwarna putih tulang dan disertai dengan tambahan warna merah/oranye yang sedikit kehitaman dan merata pada ikan koi, harganya juga tidak jauh berbeda dengan koi kohaku. Sekitar Rp. 2.100.000 hingga Rp. 2.600.000.

Ikan Koi Shiro Bekko

Ikan Koi Shiro bekko ini merupakan jenis ikan koi air yang dikenal sangat cantik. Sesuai dengan namanya (shiro), ikan koi ini didominasi warna putih cerah disertai dengan pola hitam di tubuhnya.

Ikan koi shiro bekko bisa dikatakan cantik karena memiliki bagian hitam di dalamnya yang terletak di bagian kepala. Sedangkan untuk sirip dada ikan koi ini terdapat garis-garis yang indah. Namun, tidak semua ikan koi Shiro Bekko memiliki

 

 Jenis Ikan Koi Kohaku

Ikan Koi Besar kohaku adalah salah satu jenis ikan koi yang paling terkenal dan juga yang tertua di antara ikan koi lainnya. Koi ini paling banyak dijumpai di beberapa tempat dan cukup dikenal masyarakat. Ikan koi kohaku ini memiliki warna dasar putih cerah dengan balutan warna merah cerah di tubuhnya. Harga ikan koi kohaku disesuaikan dengan jenisnya, biasanya sekitar Rp. 450.000 penggilingan dan sekitar Rp. 2.000.000 untuk koi dewasa.

Jenis Ikan Koi alias Matsuba

Ikan koi matsuba ini hampir sama dengan ikan koi shiro matsuba, perbedaannya terletak pada warna dasarnya yang masing-masing untuk ikan koi alias matsuba dengan warna dasar merah dengan pola hitam seperti jaring di punggungnya. Sedangkan Shiro Matsuba lebih dominan dengan warna dasar putih. Untuk membelinya Anda harus berhati-hati, dan jangan sampai termanipulasi. Karena pola hitam di tubuhnya ini bisa didapat dari luka pada ikan

Koi Kawarimono

Untuk jenis ikan Koi Kawarimono ini merupakan hasil persilangan atau persilangan. Bagian mana dari warna tubuh ikan koi ini memiliki bentuk dan pola yang aneh dan cukup unik, tidak seperti ikan koi pada umumnya. Ciri-ciri ikan koi kawarimono ini tidak memiliki warna tubuh yang begitu khas ikan koi pada umumnya.

Namun, warna bagian tubuhnya ini sebenarnya adalah warna lain seperti ungu pekat, hijau pekat, emas biru pekat, coklat pekat, dan sebagainya. Namun untuk varian harganya, ikan koi jenis kawarimono ini cukup mahal, untuk ukuran 39 cm harganya 350.000/ekor.

Koi Tancho Showa

 

Jenis ikan koi tancho showa ini merupakan jenis ikan koi yang sangat mirip dengan ikan koi jenis utsuri shiro dan juga jenis kohaku sanke karena ikan ini dihasilkan dengan persilangan antara jenis koi koi dan jenis koi utsuri shiro.

Ada beberapa perbedaan yang cukup mendasar antara koi Showa tancho dan koi jenis Kohaku Sanke yaitu terdapat pola hitam pada kepala showa sedangkan pada kepala Sanke tidak.

Ikan koi showa didominasi warna hitam dengan kombinasi warna putih dan merah untuk motifnya, sedangkan ikan koi sanke ini lebih dominan warna putih dengan motif merah namun ada sedikit bintik hitam. Harganya gak jauh beda 150-300 ribu

Pada dasarnya ikan koi di Indonesia merupakan ikan hias yang sangat digandrungi dan digandrungi masyarakat luas karena tubuhnya yang menawan dan harganya yang relatif murah. Ikan koi masih menjadi salah satu komoditas yang cukup baik dalam hal penangkapan ikan.