May 6, 2021

Jutawan

Jutawan

Kredivo vs EasyCash, Mana yang Lebih Rendah Bunganya?

3 min read

Seminggu yang lalu, saya tertarik pake aplikasi pinjaman uang online karena ada kebutuhan darurat. Nggak banyak sih, cuma Rp 2 jutaan. Tapi, tetep aja ada rasa worry karena ini pertama kalinya saya bakal pake aplikasi pinjaman uang online. Makanya, saya sempetin buat riset dan cari tau sebanyak-banyaknya dulu. 

 

Setelah cari tau sana sini, opsi saya mengerucut ke Kredivo dan EasyCash. Di mana keduanya merupakan dua dari sekian banyak fintech yang sudah terdaftar di OJK dan sudah lama berdiri. Bedanya, Kredivo sudah terdaftar di OJK sejak tahun 2018, sedangkan EasyCash baru terdaftar di OJK di awal tahun ini (berdasarkan info dari beberapa media online).

 

Di antara Kredivo dan EasyCash, mana yang akhirnya saya pilih buat ngajuin pinjaman?

 

Perbedaan Kredivo vs EasyCash

 

Perbedaan utama dari Kredivo dan EasyCash adalah layanannya. Di mana Kredivo dan EasyCash sama-sama menawarkan pinjaman uang tunai. Namun, hanya Kredivo yang menawarkan fasilitas kredit lain selain pinjaman, yaitu pay later dan juga cicilan di 1.000+ merchant ternama di Indonesia. 

 

Dengan kata lain, EasyCash saat ini secara khusus hanya memiliki layanan pinjaman lewat platformnya. Sementara Kredivo punya fitur kredit yang lebih lengkap. Lebih daripada sekadar aplikasi pinjaman uang online. 

 

Limit Pinjaman di Kredivo vs EasyCash

 

Karena layanan kreditnya yang komplit, Kredivo bisa ngasih limit kredit yang jumlahnya menurut saya cukup fantastis: yaitu maksimal sampai Rp 30 juta. 

 

Di aplikasi Kredivo, jika kamu sudah terdaftar sebagai pengguna Premium, akan ada fitur Pinjaman Tunai yang bisa digunakan untuk mencairkan limit tersebut menjadi pinjaman. Pinjaman yang bisa diajukan berlaku mulai dari 500 ribu. Ada tiga opsi tenor yang bisa kamu pilih untuk pinjaman, yaitu 30 hari, 3 bulan, dan maksimal 6 bulan. 

 

Di EasyCash, pinjaman tunai berlaku mulai dari Rp 200 ribu sampai Rp 10 juta. Tenor yang tersedia mulai dari 93 hari (3 bulan) sampai dengan 180 hari (6 bulan). 

 

Beda Suku Bunga di Kredivo vs EasyCash

 

Salah satu perbedaan paling menonjol dari Kredivo dan EasyCash adalah suku bunganya. Di mana Kredivo memiliki tingkat suku bunga per bulan, yaitu 2,6% per bulan untuk pinjaman, sedangkan EasyCash memiliki tingkat suku bunga harian sekitar 0,7% per hari berdasarkan beberapa info yang saya temukan. 

 

Menurut saya, cukup jarang fintech pinjaman online yang saat ini memberikan bunga per bulan yang flat. Rata-rata umumnya menerapkan suku bunga harian seperti halnya EasyCash. Namun, jangan khawatir. Memang suku bunga pinjaman online di fintech lebih tinggi karena termasuk pinjaman berisiko, tapi fintech yang legal dan terdaftar di OJK tidak boleh menerapkan bunga lebih dari 0,8% per harinya. 

 

Kalo saya pribadi, perbandingan suku bunga inilah yang akhirnya bikin saya milih pake Kredivo dibanding EasyCash. 

 

Syarat dan Cara Mengajukan Pinjaman di Kredivo vs EasyCash

 

Kalo udah tau mau pilih yang mana, maka kamu tinggal download aja aplikasi Kredivo atau EasyCash di Google Play Store. Saat ini, baru Kredivo yang aplikasinya tersedia di App Store (untuk pengguna iOS/iPhone), sedangkan EasyCash belum. 

 

Karena berbasis online, cara mengajukan pinjaman di kedua fintech ini udah gampang banget. Setelah download aplikasi, tinggal ikuti aja instruksi yang tersedia sampai submit ya. 

 

Yang terpenting, pastikan kamu sudah memenuhi syarat dari fintech pilihanmu. Contoh, kalo pilih Kredivo, maka kamu harus: 

 

  1. Berstatus sebagai WNI dengan usia 18 – 60 tahun. 
  2. Sudah memiliki penghasilan minimal sebesar Rp 3 juta per bulan. 
  3. Berdomisil di wilayah Jabodetabek, Bandung, Surabaya, Semarang, Palembang, Medan, Bali, Yogyakarta, Solo, Makassar, Malang, Sukabumi, Cirebon, Balikpapan, Batam, Purwakarta, Padang, Pekanbaru, Manado, Samarinda, dan Kediri. 

 

Gimana kalo mau pake EasyCash? Apa aja syaratnya?

 

Sayangnya, saya nggak menemukan info syarat pendaftaran atau pengajuan pinjaman yang spesifik di EasyCash. Yang saya temukan cuma: harus dengan KTP. Menurut saya sih kemungkinan syaratnya nggak jauh beda dengan fintech lainnya juga. Ada minimal umur dan juga minimum penghasilan yang harus dipenuhi. 

 

Semoga ulasan saya ini bisa membantu kamu yang lagi bingung milih-milih fintech, ya. Selamat mencoba!

 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.