October 21, 2020

Jutawan

Jutawan

Kulkas Tidak Dingin Dan Cara Mengatasinya

3 min read

Kulkas penting untuk menjaga kesegaran makanan. Anda menggunakannya untuk menyimpan, membekukan, dan mengawetkan makanan serta minuman. Kulkas terdiri dari dua bagian yaitu freezer dan pendingin biasa. Ketika salah satu bagian kurang dingin, Anda harus segera mengeceknya. Kondisi tersebut membuat kulkas tidak dingin.
Peralatan elektronik ini sangat rentan jika tidak dirawat dengan baik. Ketika suhu tidak dingin, Anda akan merasa kesusahan. Makanan tidak segar kembali dan akan cepat membusuk. Jika berlangsung lama, kulkas akan benar-benar tidak berfungsi. Untuk mengatasi masalah ini, simak ulasan berikut ini.

Cara Mengatasi Kulkas Tidak Dingin

Anda perlu mengetahui penyebab kulkas tidak dingin sebelum memperbaiki atau menormalkan kembali. Ketika tahu apa penyebabnya, proses perbaikan menjadi lebih mudah. Berikut ini ditunjukkan empat penyebab dan cara mengatasi kulkas yang tidak lagi bersuhu dingin.

     Bunga es menutupi kipas angin

Kulkas punya lubang angin dan terdapat kipas. Jika bagian ini tertutup, kulkas otomatis tidak dingin secara menyeluruh. Periksa lubang tersebut dan bersihkan. Bunga es sering melekat di area ini. Perlu Anda ketahui, bunga es adalah hasil uap air yang mengembun lalu terperangkap di dalam kulkas. Secara normal, bunga tersebut akan hilang jika kulkas menaikkan suhunya. Namun, terlalu banyak bunga es membuat kondisi kulkas menjadi lembab. Yang lebih paran adalah mengganggu proses transfer panas dan membuat kondisi kulkas tidak lagi dingin optimal.

     Makanan panas

Kulkas tidak dingin karena terlalu banyak makanan  bersuhu tinggi di dalamnya. Kerja kulkas sudah benar dan teratur sesuai dengan fungsinya. Namun, makanan suhu tinggi mengacaukan keseimbangan sugu. Jika jumlahnya banyak, suhu akan meningkat lalu kulkas kehilangan kondisi dinginya. Cara mengatasinya adalah Anda diamkan makanan panas sebelum disimpan di kulkas.  Risiko lain makanan panas adalah cepat basi dan rasa tidak enak. Suhu tinggi yang berubah drastis membuat kontur makanan menjadi tidak baik. Hasilnya, rasa tidak lagi sama dengan saat selesai masak.

     Pintu tidak tertutup sempurna

Anda mengambil sesuatu di kulkas. Barang tersebut sangat banyak hingga menutup kulkas hanya dengan kaki atau badan. Anda merasa pintu sudah tertutup sempurna. Namun, kondisinya tidak sesuai perkiraan tersebut. Pintu yang tidak tertutup sempurna membuat proses transfer suhu tidak efektif. Suhu rendah kulkas keluar dan berganti dengan suhu ruangan yang masuk ke kulkas. Kondisi lain adalah pintu terganjal oleh sesuatu. Di dalam kulkas, ada banyak makanan dan minuman. Anda lupa menutup dengan rapat dan bagian pintu terganjal. Dampaknya sudah bisa diperkirakan.

     Dekat dengan peralatan bersuhu panas

Kulkas juga tidak bisa dingin sempurna karena ada peralatan lain yang mengeluarkan suhu lebih panas. Mereka adalah pemanas air, kompor, dan oven. Solusinya cukup mudah yaitu Anda memindahkan kulkas atau peralatan tersebut yang dipindahkan.
Setelah melakukan cara diatas, kondisi kulkas masih tidak berubah. Anda perlu memeriksa dengan seksama apakah ada suara aneh dari mesin. Sebelum memastikan suhu tidak lagi dingin, Anda harus tunggu beberapa jam. Suhu harus seimbang dan menyesuaikan terlebih dahulu. Setelah itu, Anda coba meletakkan barang atau makanan baru. Cek lagi apakah makanan tersebut ikut dingin. Jika hasilnya kurang memuaskan, kulkas Anda memang bermasalah di bagian mesin. Untuk mengatasinya, Anda harus memanggil orang yang ahli atau membawa ke tempat servis resmi. Jika masih garansi, perbaikan tidak dikenakan biaya.
Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.