langkah langkah penting membangun rumah

Tahapan membangun rumah yang benar harus menjadi hal yang kamu prioritaskan saat ingin mendirikan rumah sendiri. Pastinya kita mesti menyiapkan anggaran tersendiri juga. Dengan mencoba membuat perhitungan dana dengan cermat, jangan terlalu takut dengan risiko proses pembangunan yang terhenti di tengah jalan.  Lain daripada itu, tidak sedikit budget untuk membangun juga dipengaruhi dari tipe dan model rumah yang dibangun.  Misalnya saja anggaran membangun rumah minimalis tidak sama dengan rumah bergaya desain rumah modern .

Persiapan yang paling menyita tenaga adalah menyusun anggaran pembuatan rumah, dimana harga bahan material belakangan ini kenaikannya sulit diduga.  Tak heran kalau dalam penyusunan rencana anggaran biaya (RAB) bisa berubah gara-gara perubahan harga material.  Tapi biasanya orang menghitungnya secara kasar kebutuhan luas bangunannya yang akan diwujudkan.  Meski begitu usahakan perhitungannya dibuat seakurat mungkin agar bisa diketahui besaran real dari biaya yang dibutuhkan. kalkulasinya akan dapat dibuat disusun sendiri dengan mengetahui apa saja item-item untuk pekerjaan pembangunan.

Konsultasikan keinginan dan kebutuhan anda akan rumah yang akan dibangun kepada arsitek atau seseorang yang ahli di bidang ini, dibutuhkan beberapa kali survei ke orang yang ahli. Ungkapkan budget yang dimiliki dan rancangan seperti apa yang akan digarap nanti. Hal itu paling tidak dapat membantu dalam membuat perencanaan yang matang dan sesuai budget. 

Desain rumah yang rumit tentu bakal memakan lebih banyak uang dan waktu.  Bila budgetnya terbatas, desain minimalis bisa jadi pilihan tepat.  Lebih baik perbanyak ruang multifungsi untuk meminimalisir biaya bahan bangunan dan waktu, misal menggabungkan dapur dengan ruang makan dan ruang keluarga yang hanya dipisahkan dengan sekat.  Kita harus tahu harga material dan bahan bangunan yang dibutuhkan, lakukan sebelum membentuk tim konstruksi dan catat harganya untuk mengetahui perbandingan.  Cara ini digunakan untuk mencegah budget habis tiba-tiba karena ada tim konstruksi yang curang.  Dalam membangun rumah biasanya akan dihadapkan dengan tim konstruksi yang jasanya dibayar borongan atau harian.  Pertimbangkan apakah kerjanya cekatan dan profesional atau ada beberapa orang baru yang justru menghambat sampai membuat pekerjaan bangun rumah lama sekali dan memakan banyak budget.  Jangan sungkan untuk minta rekomendasi dari keluarga atau kerabat lain yang juga pernah membangun rumah.  Sebab, merupakan hal yang bisa membuat uang anggaran ludes adalah pemilihan tim konstruksi jika tidak dilakukan dengan cermat. 

Itulah beberapa langkah-langkah dalam membangun rumah agar tidak memghabiskan anggaran yang membengkak . Hal yang penting  adalah itu membutuhkan sabar yang lama karena membangun rumah tidak bisa dilakukan terburu-buru sampai bisa layak huni.