October 21, 2020

Jutawan

Jutawan

Latte Art, Seni Unik Dalam Secangkir Kopi Nikmat

2 min read
Latte Art, Seni Unik Dalam Secangkir Kopi Nikmat

Kebanyakan pecinta kopi mengetahui tentang latte art. Sebuah seni menghias kopi yang membuat cita rasa kopi latte semakin nikmat dan khas. Kopi latte merupakan kopi yang memiliki basis espressso dan susu. Saat ini banyak menjadi menu kopi terfavorit karena kekhasan rasanya. Bahkan para barista pun banyak membuat menu kopi latte sebagai unggulan untuk lebih menarik. Dalam pembuatan kopi latte tidaklah semudah yang dibayangkan. Namun membutuhkan keahlian yang mumpuni agar dihasilkan latte yang terbaik.

Kapan Latte Art Ditemukan

Italia adalah negeri kopi espresso ditemukan selama beberapa puluh tahun. Namun seni melukis kopi pertama dibuat di Amerika Serikat di tahun 1980-an akhir. Kemudian perkembangan pada tahun 1990-an, kopi latte mulai banyak dikenal hampir di seluruh dunia. Lalu sampai pada sekitar tahun 2000 kopi latte semakin terkenal di benua Australia dan beberapa Eropa Utara seperti Swedia, dan Finlandia, Denmark. Bahkan di benua Asia kopi latte paling banyak peminatnya.

Komposisi Susu Yang Perlu Diperhatikan

Dalam secangkir kopi latte, membutuhkan susu segar atau sering dikenal fresh milk. Faktor yang menentukan keberhasilan membuat latte adalah cara memasak dan proses pemilihan susu segar. Tahapan untuk membuatnya adalah pertama memanaskan susu segar sekitar 2-3 menit pada suhu 60-65 derajat Celcius. Sselanjutnya Anda menuangkan susu tersebut ke milk jug yang bahannya stainless steel. Tujuan denga bahan ini adalah agar panas merata. Apabila selama proses ini telah selesai masih ada gelembung, maka Anda bisa mengetuk perlahan bagian terbawah milk jug supaya gelembung keluar.

Cara Menerapkan Latte Art Pada Kopi

Proporsi desain pada kopi menentukan keindahan seni. Jadi, posisi yang tepat adalah menempatkan desain pas pada pegangan cangkir. Selain itu, yang diperhatikan lagi adalah ketebalan kopi dan kontras warna. Dua hal ini jika diperhatikan akan menghasilkan seni yang sempurna dengaan goresan yang jelas dan berpola. Untuk lebih sempurna lagi pinggiran kopi dibuat berbentuk Golden Ring dan usahakan desain mampu bertahan paling singkat 5 menit.

Latte Art Berdimensi 3

Tidak hanya dua dimensi yang saat ini ada pada seni hias kopi, tetapi ada pula 3 dimensi. Pada tahun 2019, seniman asal Jepang bernama Kazuki Yamamoto berhasil membuatnya dengan bentuk jerapah, kucing, dan gurita. Dalam pembuatannya, Kazuki menggunakan perhitungan komposisi pada milk foam kopi latte. Hal yang unik adalah ia memadukan lukisan kopi 3 dimensi yang ada pada dua kopi yang berlainan.

Demikian beberapa pembahasan tentang latte art. Kopi memang akan semakin menarik apabila di bubuhkan hiasan yang unik. Bahkan cita rasa juga terpengaruh oleh hadirnya latte tersebut. Apalagi jika Anda bisa membuatnya sendiri di rumah, lalu minum bersama keluarga tentunya akan makin nikmat berlipat-lipat. Hadir pula kapsul kopi latte Macciato dari NESCAFE Dolce Gusto yang bisa Anda miliki.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.