Mengenal 5 Simbol Flowchart yang Sering Digunakan

Fungsi Flowchart dan Jenis - Jenis nya

Fungsi simbol Flowchart merupakan hal yang wajib dipahami dengan baik oleh para programmer. Ini tentu masuk akal, mengingat di dalam pekerjaannya, programmer akan banyak menggunakan berbagai simbol flowchart itu sendiri. Selain mempermudah pengembangan software, flowchart juga akan membantu untuk mempermudah proses pengawasan dan juga pemahaman setiap tahap pengembangan software yang dibutuhkan.

Bukan hanya untuk programmer saja, penggunaan simbol flowchart juga akan memudahkan pengguna. Berbagai simbol ini akan membuat pengguna lebih mudah mengerti tentang apa dan bagaimana software yang mereka gunakan tersebut. Hal ini sekaligus akan memberi peluang bagi pengguna untuk menggunakan software dengan lebih maksimal.

Pada dasarnya, penggunaan simbol flowchart tidak hanya di dalam bidang pemrograman saja. Berbagai simbol ini juga sering dipakai untuk bidang lainnya, sesuai dengan jenis flowchart yang dibutuhkan. Hal ini menunjukkan bahwa sebenarnya simbol flowchart itu sendiri memiliki beberapa jenis yang berbeda. Bukan hanya itu saja, masing-masing jenis flowchart ini juga akan memiliki fungsi tersendiri.

 

Selain Fungsi simbol Flowchart yang berbeda, berikut ini adalah beberapa jenis flowchart yang sering digunakan:

  1. Process Flowchart

Ini merupakan flowchart berbentuk diagram yang menunjukkan setiap langkah secara berurutan dalam sebuah proses dan juga keputusan yang diperlukan untuk membuat proses tersebut bisa berjalan dengan tepat. Setiap langkah yang direpresentasikan bisa saja hadir dalam sebuah bentuk simbol.  Di lain sisi, arah dan juga proses itu sendiri akan disimbolkan berbentuk garis-garis yang mempertemukan sebuah bentuk dengan yang lainnya.

  1. Program Flowchart

Flowchart yang satu ini biasanya dibuat dengan tujuan menggambarkan aliran daya saat seorang programmer membuat algoritma maupun program tertentu. Program flowchart berfungsi untuk menjabarkan semua proses dengan cepat saat pengembangan software sedang dilakukan dengan cara melibatkan atau berkolaborasi antara beberapa orang. Flowchart ini dapat merepresentasikan logika yang dipakai di dalam program itu sendiri. Namun pada dasarya, tidak semua fungsing flowchart seperti ini, sebab bisa saja fungsi tersebut disesuaikan dengan kebutuhan pengguna itu sendiri.

  1. Schematic Flowchart

Schematic flowchart termasuk salah satu yang paling unik, sebab dia tidak hanya menggunakan simbol biasa yang lazim digunakan saja. Namun sebaliknya, flowchart ini juga seringkali dibuat dengan penambahan berbagai simbol peralatan yang akan digunakan. Pemakaian simbol-simbol tersebut ditujukan untuk memberi kemudahan untuk mereka yang akan membacanya, sehingga pembaca lebih mudah untuk paham, sebab tidak semua orang memahami flowchart dengan baik.

  1. Document Flowchart

Flowchart yang satu ini juga dikenal dengan nama paperwork flowchart. Ini merupakan salah satu jenis flowchart yang berfungsi untuk menelusuri jalur perjalanan yang dilalui oleh sebuah form, tepatnya dari satu bagian kepada bagian yang lainnya. Bukan hanya itu saja, flowchart ini juga dapat menunjukkan tahap pemrosesan data, pencatatan, bahkan hingga penyimpanan laporannya. Fungsinya yang lengkap membuat flowchart ini ckup sering digunakan dalam berbagai pekerjaan.

  1. System Flowchart

System flowchart merupakan diagram yang menunjukkan bagaimana alur semua pekerjaan yang dilakukan pada sebuah sistem. Selain itu, flowchart ini juga akan memberikan gambaran yang detail dan juga urutan dalam setiap tahap serta prosedur yang dijalankan pada sistem itu sendiri. Penggunaan flowchart ini akan mempermudah pengawasan dan juga penerapan setiap tahap pekerjaan menjadi lebih mudah.

Itulah beberapa jenis flowchart yang memiliki fungsi berbeda di dalam penerapannya. Semoga informasi ini berguna bagi Anda.