March 1, 2021

Jutawan

Jutawan

Menghilangkan Bekas Luka Dengan Bahan Alami

3 min read

Pasti risih rasanya bila kita memiliki bekas luka di kulit bagian tubuh manapun bagi wanita. Selain dari sisi kosmetika, memiliki bekas luka pada kulit seringkali membuat hilangnya kepercayaan diri. Terdapat bermacam sebab terjadinya luka yang membekas pada kulit. Misalnya luka bakar, luka bekas operasi, luka bekas gigitan nyamuk, juga luka bekas jerawat.

Bila kita baru saja mengalami luka bakar ringan seperti terkena knalpot motor yang panas atau wajan yang menyala di kompor, kita harus segera mengatasi agar luka tersebut tidak meninggalkan bekas atau setidaknya meminimalisir bekas yang ditimbulkan. Caranya, segera rendam bagian yang terluka ke dalam air dengan suhu normal (± 27 C) sekitar 5-10 menit. Tujuannya agar suhu bagian yang terluka segera netral, sebab bagian luka tersebut mengalami peningkatan suhu didalam. Setelah itu, oleskan salep khusus luka bakar yang kualitasnya terjamin. Masih ada beberapa masyarakat yang mempercayai mitos untuk mengatasi luka bakar dengan cara mengoleskan luka dengan kecap, mentega, minyak, bahkan pasta gigi. Kenyataannya, hal tersebut justru mengakibatkan luka terinfeksi, sukar sembuh, dan membekas.

Kadang seorang calon ibu dihadapkan pada pilihan operasi Caesar untuk melahirkan bayinya karena kondisi ibu yang tidak memungkinkan melahirkan secara normal. Bekas luka yang ditimbulkan bisa tetap tersisa sepanjang hidup. Belum lagi kalau operasinya harus lebih dari sekali. Tidak nyaman rasanya melihat perut penuh dengan garis-garis sikatrik yang malang-melintang.

Untuk menghindari terjadinya bekas operasi yang tidak diinginkan, setelah dokter memutuskan untuk melakukan operasi Caesar, sebaiknya ibu mengonsumsi ekstrak teripang hingga pasca operasi. Menurut Prof Zaiton Hassan, peneliti Departemen Ilmu Pangan Universitas Putra Malaysia mengatakan teripang mengandung asam miristat, palmitat, almitoleat, stearat, oleat, linoleat, arakhsidat, eicosapentaenat, behenat, erusat, dan docosahexaenat. Asam lemak itulah yang berperan terhadap pemulihan luka operasi. Kandungan asam eicosapentaenat (EPA) dan asam docosahexaenat (DHA) relatif tinggi, masing-masing 25,69% dan 3,69%. Tingginya kadar EPA menandakan kecepatan teripang memperbaiki jaringan rusak. Kandungan kolagen dalam ekstrak teripang mempercepat penyembuhan luka dalam dan luar setelah pembedahan akibat operasi.

Bekas luka kadang dialami oleh orang yang telah digigit oleh nyamuk karena garukan yang keras dan menimbulkan luka yang tak ayal lagi menghitam pada akhirnya. Untuk meghilangkan bekas luka ini, dapat digunakan perasan lemon. Teteskan ke bekas hitam luka atau bekas gigitan nyamuk. Biarkan selama 10 menit, lalu bilas air hangat. Ulangi proses 2 – 3 kali sehari agar hasil optimal. Biasanya hasil terlihat selama 2 minggu. Jangan biarkan cairan lemon di kulit lebih 15 menit karena cairan ini sangat asam, dan dapat membuat kulit iritasi atau terbakar. Namun biasanya proses ini cukup efektif dan banyak menolong, termasuk untuk bekas yang telah mendekam di kulit bertahun-tahun. Jus lemon ini dapat juga digunakan untuk menghilangkan bekas hitam-hitam dari jerawat di muka. Caranya, jus lemon dicampur dengan jus mentimun , lalu dioleskan ke bagian hitam-hitam bekas jerawat selama 10-15 menit, kemudian dibilas dengan air hangat. Lakukan rutin tiap malam, hingga bekas noda jerawat lenyap atau tersamarkan

Ada juga cara tradisional untuk menghilangkan bekas luka menghitam pada kulit bahkan juga sekaligus memutihkan kulit. Caranya ambil buah pare ditumbuk dan ambil aira atau sarinya lalu campur dengan tepung beras sehingga berbentuk seperti cream. Oleskan teratur setiap malam pada bekas luka tersebut atau bagian tubuh yang hendak diputihkan. Sebelum menggunakan ramuan di atas, basuhlah kulit dengan air hangat untuk mencapai hasil yang maksimal.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.