Metode Ekonomi

Metode Ekonomi

Metode Ekonomi

Ekonomi hanyalah upaya manusia untuk memenuhi kebutuhan yang tidak terbatas dengan memenuhi kebutuhan berupa barang dan jasa yang langka dan terbatas yang memiliki kegunaan alternatif. Karena alasan inilah cara mereka memenuhi kebutuhan mereka terkait dengan metode ekonomi. Menurut Chaurmain dan Affected (1994: 14-16) berikut metode-metode dalam ilmu ekonomi antara lain sebagai berikut:

1. Metode Induktif

Metode pengambilan keputusan dengan mengumpulkan semua informasi yang terjadi dalam realitas kehidupan. Realitas ini meliputi setiap elemen kehidupan yang dialami oleh pengalaman hidup, keluarga, masyarakat lokal, dan sebagainya, mencari solusi sehingga upaya pemenuhan kebutuhan tersebut dapat dikaji sedekat mungkin. Misalnya, upaya untuk menghasilkan dan mendistribusikan sumber daya ekonomi. Upaya tersebut dilakukan sedemikian rupa sehingga barang dan jasa tersedia dalam jumlah yang tepat, dengan harga yang tepat, dan pada waktu yang tepat untuk memenuhi kebutuhan tersebut. Untuk memenuhi kebutuhan tersebut diperlukan perencanaan dalam perekonomian sebagai suatu cara atau metode penyusunan daftar kebutuhan berbagai barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat.

 

2. Metode Deduktif

Metode ekonomi berdasarkan hukum, peraturan atau prinsip umum yang diuji kebenarannya. Dengan metode ini, ekonomi berusaha mencari cara untuk memecahkan masalah sesuai dengan referensi, landasan hukum dan peraturan ekonomi. Misalnya, dalam perekonomian, ada hukum yang mengatakan bahwa harga barang dan jasa meningkat karena penawaran barang dan jasa dalam masyarakat berkurang sedangkan permintaan tetap. Berdasarkan undang-undang ekonomi tersebut, para ahli ekonomi secara deduktif dapat menentukan bahwa hal itu harus dijaga agar penyediaan barang dan jasa yang dibutuhkan masyarakat selalu dapat mencukupi secara kuantitas dan kualitas. Buliding (1955:12) menyebutnya sebagai metode eksperimen intelektual.

 

3. Metode Matematika

Metode pemecahan masalah ekonomi dengan memecahkan masalah matematika. Artinya ada kebiasaan dalam matematika yang diawali dengan pembahasan postulat. Dengan membahas argumen-argumen tersebut, dapat disimpulkan bahwa penelitian ini dapat diterima secara umum.

 

4. Metode Statistik

Suatu metode pemecahan masalah ekonomi dengan mengumpulkan, mengolah, menganalisis, menafsirkan dan menyajikan data dalam bentuk angka statistik. Masalah sebenarnya dapat dilihat dari angka yang disarankan. Misalnya pembahasan tentang pengangguran. Dalam hal ini, unsur-unsur yang berkaitan dengan pengangguran dapat diidentifikasi terlebih dahulu, mis. B. Data perusahaan, data tenaga kerja terlatih atau kurang terlatih, jenis dan jumlah jabatan yang tersedia, jumlah dan tingkat upah perusahaan tempat perusahaan beroperasi, rata – rata tempat tinggal calon tenaga kerja. Dari data yang terkumpul, seorang ekonom dapat membuat analisis statistik dan interpretasi data yang terkait dengan pemecahan masalah pengangguran. Selain itu, angka-angka ini dapat digunakan untuk menentukan cara yang tepat untuk mengatasi masalah pengangguran, berdasarkan interpretasi peneliti terhadap angka-angka yang disajikan oleh statistik. Sumber Rangkuman Terlengkap : SarjanaEkonomi.Co.Id