Penjelasan Fork Artinya dalam Blockchain

Fork artinya – Cryptocurrency adalah jenis mata uang digital yang dijalankan oleh perangkat lunak terdesentralisasi yang disebut blockchain. Perangkat ini disebut blockchain karena terdiri dari blok data yang dibayangkan seperti rangkaian panjang kereta api yang transaksinya bisa ditelusuri di jaringan.

Dan karena sumbernya terbuka, blockchain bergantung pada komunitas yang memelihara dan mengembangkan kode dasarnya. Sedangkan fork terjadi setiap komunitas membuat perubahan protokol blockchain atau terjadi rangkaian aturan dasar.

Penjelasan Fork Artinya

Fork adalah persetujuan bersama atas sebuah pembaharuan perangkat lunak. Mata uang digital memiliki tim pengembangan yang bertanggung jawab atas perubahan pada jaringan. Hal ini mirip seperti protokol internet yang memungkinkan terjadinya penjelajahan web menjadi lebih baik seiring berjalannya waktu.

Fork artinya

Selain itu, hal ini juga memungkinkan para pengembang crypto menggunakan fork untuk membuat jenis koin atau ekosistem baru. Dalam hal ini fork terbagi menjadi dua, yaitu Soft-Fork dan Hard-Fork.

  • Soft-Fork dapat dibayangkan sebagai upgrade dari perangkat lunak untuk blockchain. Selagi digunakan oleh para pengguna, ia menjadi serangkaian mata uang yang baru. Soft-Fork digunakan untuk menghadirkan fitur dan fungsi baru yang biasanya berada di tingkat pemrograman Bitcoin dan Ethereum.
  • Hard Fork artinya percabangan yang terjadi bila kode sudah banyak berubah sehingga versi tersebut tidak lagi kompatibel ke belakang blok sebelumnya. Di skenario ini, blockchain dibagi menjadi dua, yaitu blockchain awal dan versi baru. Blockchain tersebut mengikuti rangkaian aturan yang baru dan menciptakan mata uang kripto yang baru lagi.

Mengapa Fork Terjadi?

Selain memahami fork artinya apa, Anda juga perlu mengetahui apa yang menyebabkan fork terjadi. Selayaknya perangkat lunak lain yang membutuhkan upgrade maka blockchain juga perlu diperbaharui sehingga diperlukan yang namanya fork.

Berikut ini beberapa hal yang menjelaskan kenapa perlunya terjadi fork:

1. Menambah Fungsi Blockchain

Fork dilakukan untuk meningkatkan fungsi blockchain. Hal ini juga dikenal dengan tujuan upgrade blockchain sehingga dapat memberikan pembaharuan yang lebih bermanfaat. Pembaharuan ini sifatnya juga bermacam-macam. Mulai dari memperbaharui bug, memberi update dan upgrade, hingga meningkatkan sistem keamanan.

2. Menangani Risiko Keamanan

Sebagai mata uang digital, server pada blockchain juga memerlukan update keamanan untuk menjaga bug dan ekosistem di dalamnya. Maka dari itu fork dibutuhkan supaya blockchain dapat bekerja sebagaimana mestinya tanpa mengorbankan sisi keamanan mata uang digital.

3. Mengatasi Ketidaksepakatan dalam Komunitas

Dalam komunitas mata uang kripto seringkali terjadi ketidaksepakatan tentang arah perubahan yang akan terjadi. Oleh sebab itu fork dilakukan untuk mengambil keputusan terbaik yang berimbang. Dalam pengambilan keputusan ini, berbagai pihak berhak melakukan fork apabila sudah memenuhi persayaratan yang ditetapkan.

4. Tujuan Alternatif Lainnya

Istilah fork seringkali memiliki konotasi politik karena umumnya terjadi dengan tujuan alternatif dari komunitas. Berdasarkan sifatnya, fork dapat mengubah sebuah versi menjadi lebih baru atau justru terbarukan sehingga tidak sama seperti yang sebelumnya.

Dan jika berbicara fork artinya apa, maka hal ini bisa disebut juga sebagai proyek yang sifatnya terbuka karena bisa dilakukan oleh siapapun. Namun tentu saja fork tidaklah mudah untuk dilakukan sebab terdapat banyak persyaratan teknis.

Demikianlah beberapa pembahasan seputar fork artinya apa dan bagaimana sistem kerjanya. Semoga ulasan ini bermanfaat dan Anda bisa menambah referensi tentang fork maupun mata uang digital yang saat ini berkembang semakin pesat.