July 28, 2021

Jutawan

Jutawan

Penyebab Umum Kenapa Kulit Kepala Menjadi Gatal, dan Solusinya

2 min read
Penyebab Umum Kenapa Kulit Kepala Menjadi Gatal, dan Solusinya

Mungkin anda sering bertanya kenapa kulit kepala gatal dan rambut rontok sering menimpa anda ? yap ini adalah masalah yang sering sekali berdampingan memang.

Dimana kalau terasa gatal, maka otomatis anda akan menggaruk dan garukan yang keras ini bisa jadi akan membuat rambut anda rontok. Kali ini, kami akan jelaskan penyebanya, nantinya kalau anda sudah paham sebabnya maka sudah bisa melakukan tindakan preventif dalam menanggulangi masalah ini.

Ketombe

Yang paling umum menjadi cikal bakal kenapa kepala sering mengalami gatal adalah karena masalah ketombe. Yap, ketombe merupakan sisi pada kulit kepala yang sudah tidak lagi berfungsi kemudian terkena jamur atau kotoran dan mengering.

Jadi kulit kepala ini singkatnya sudah rusak dan tidak bisa melakukan regenerasi ulang sehingga membekas dan mengendap kemudian mengering dan menempel pada sela sela rambut akhirnya anda sering akan mengalami gatal secara terus menerus sebelum ketombe ini benar benar dihilangkan.

Karena Penggunaan Shampo dan Kurang Menjaga kebersihan

Kosmetik atau shampo, kemudian kondisioner rambut adalah penyebab umum kulit kepala gatal. Shampo yang salah bisa menyebabkan alergi atau kulit kepala kering. Selain itu, penggunaan hairspray menciptakan lapisan yang tidak dapat ditembus yang mengganggu metabolisme penyerapan air kedalam pori kepala yang normal. Karena itu, kulit mengering dan terasa gatal.

Mulai sekarang kami sarankan hati hati dalam memilih shampo karena salah pilih bisa saja membuat rambut anda bermasalah.

Kemudian juga karena kurangnya menjaga kebersihan rambut. Kebiasan anda yang sering menggaruk kepala juga menjadi penyebab timbulnya rasa gatal. Dimana dengan kondisi tangan yang kotor dan langsung menempel pada bagian rambut.

Pola Makan, atau Faktor Makanan

Ternyata faktor makanan juga bisa menjadikan dampak timbulnya rasa gatal pada rambut kepala anda, misalkan anda alergi pada jenis makanan tertentu misalkan maka kalau dikonsumsi akan terasa gatal.

Pola makan yang tidak tepat menyebabkan terganggunya proses metabolisme dalam tubuh, tidak menerima dan tidak menyerap vitamin dimana hal ini menyebabkan dampak pada kesehatan kulit termasuk kulit kepala yang cepat gatal.

Karena Otot yang Tegang

Sedikit orang yang tahu bahwa ketegangan otot yang berlebihan seringkali menyebabkan kulit kepala gatal.

Kepala terasa gatal karena ketegangan otot bahu, punggung, dan pundak mengalami ketegangan secara tiba tiba. Perlu juga diingat bahwa kepala juga memiliki otot yang bisa tegang. Sederhananya adalah dimana jaringan pada kepala yang tegang ini juga ada kaitnya dengan kulit kepala dan sangat dekat jadi wajar terkadang efeknya menjadi gatal.

Parasit atau Jamur

Kemudian faktor lain adalah dikarenakan adanya jamur pada kulit kepala anda. Jamur ini sendiri muncul karena banyak faktor, bisa jadi karena kotoran atau debu yang mengendap di jalanan selama anda beraktifitas kemudian tidak anda bersihkan dan lama kelamaaan akan mengganggu kesehatan kulit kepala dan membuat kepala anda menjadi gatal.

Stres

Selama stres, gatal pada kulit kepala dapat terjadi, karena seseorang dalam keadaan gugup, dan ini memicu aktivitas yang berlebihan. Penyebab umum lainnya dari rasa gatal ini adalah perubahan hormonal selama masa pubertas, kehamilan, atau menopause.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.