Perbedaan antara SEO dan SEM

Sebelum melihat perbedaan utama antara SEO dan SEM, penting untuk dicatat bahwa istilah-istilah ini tidak baru atau tetap. Padahal, selama kurang lebih 20 tahun istilah-istilah tersebut telah bertransformasi dan berkembang seiring dengan segala perubahan yang terjadi di dunia maya.

 

Di antara hal-hal yang telah berubah, misalnya, kita dapat menyoroti fakta bahwa belum lama ini, SEO dimasukkan sebagai bagian dari SEM. Namun, visi ini telah berubah dan saat ini SEM dipahami secara praktis secara eksklusif sebagai strategi pencarian berbayar melalui iklan seperti yang tertulis di Optimaise.id

Untuk alasan ini, kita dapat mulai dengan mengatakan bahwa perbedaan utama antara SEO dan SEM terletak pada kenyataan bahwa SEM adalah strategi pencarian berbayar sedangkan SEO adalah strategi pencarian organik dan alami. Namun, masih banyak lagi perbedaan antara SEO dan SEM yang ingin kami rangkum dengan gambar berikut:

 

Perbedaan SEO dan SEM

Sebagai penutup, ada sesuatu yang penting untuk disebutkan. Mengatakan bahwa SEO adalah proses ‘gratis’ tidak sepenuhnya benar kecuali Anda seorang ahli SEO atau pemasar konten. Meskipun Anda tidak akan membayar untuk iklan dan biayanya akan lebih rendah daripada penentuan posisi SEM, Anda pasti harus menyewa layanan profesional dari seseorang yang tahu cara mengembangkan dan mengoptimalkan konten di tingkat SEO.

 

SEO dan SEM dalam pemasaran digital

Seperti yang telah kita lihat sebelumnya, SEO dan SEM adalah dua komponen dasar pemasaran digital yang memungkinkan Anda menangkap lalu lintas yang ingin Anda bawa ke situs web Anda. Untuk memperkuat ide ini, kami ingin berbagi dengan Anda beberapa data yang kami harap akan membantu Anda memahami pentingnya penentuan posisi SEO dan SEM.

 

Pentingnya penentuan posisi SEO dan SEM

Mengapa SEO itu penting?

Kami telah mengatakan bahwa penentuan posisi SEO itu penting karena membantu Anda berada di urutan pertama hasil mesin pencari. Tapi, mengapa begitu penting untuk menjadi yang pertama dalam hasil ini? Jawabannya sangat mudah.