July 28, 2021

Jutawan

Jutawan

Rangkuman Berita Politik Terhangat Saat Ini

2 min read

Nama Puan Masuk Survei Capres, Kalah Tipis dari Habib Rizieq

Berita merupakan salah satu informasi yang bisa digunakan untuk mengenali sesuatu yang sedang terjadi. Kini berita sudah bisa diakses baik melalui media cetak, internet, siaran, bahkan bisa diperoleh dari mulut ke mulut. 

Nah, bagi anda yang ingin mengetahui berita viral hari ini di tanah air, berikut rangkuman berita politik terhangat saat ini : 

1. Nama Puan Masuk Survei Capres, Kalah Tipis dari Rizieq

Menurut survei Parameter Politik Indonesia (PPI) yang dilakukan 3-8 Februari, elektabilitas Ketua DPR sekaligus Ketua DPP PDIP Puan Maharani sebagai calon presiden lebih rendah dibandingkan Ustad Abdul Somad (UAS) dan Rizieq Shihab (HRS). 

Meskipun tidak mempunyai pengalaman di dunia politik, namun Ustad Abdul Somad memiliki elektabilitas 1,6%. Sementara Imam Besar FPI Rizieq Shihab memiliki elektabilitas sebesar 0,8%. 

Sedangkan Puan Maharani yang notabene sudah lama berkecimpung di dunia politik dan beberapa kali menjadi pejabat tinggi negara, hanya memiliki elektabilitas sebesar 0,7% saja. 

Adapun tokoh lain yang memiliki elektabilitas sebagai calon presiden tertinggi adalah Prabowo Subianto mencapai 19,9% disusul Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan sebesar 11,9%., Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo 11,3%, Gubernur Jabar Ridwan Kamil 4,1%, Mensos sekaligus Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono 3,8%. 

2. Survei PPI : Capres Militer-Sipil dan Prabowo-Anies Terfavorit

Menurut hasi survei yang dilakukan Parameter Politik Indonesia (PPI) menyatakan bahwa Menteri Pertahanan sekaligus Ketua Umum Gerindra Prabowo Subianto memiliki elektabilitas paling tinggi sebagai calon presiden. Disusul di urutan kedua oleh Gubernur Jakarta Anies Baswedan. 

Mayoritas para responden dalam pertanyaan terpisah cenderung mengidolakan pasangan Pilpres berlatar belakang kombinasi militer dan sipil. 

Seandainya pilpres digelar hari ini, Prabowo memiliki elektabilitas 19,9%, sementara Anies Baswedan 11,9%. Disusul oleh Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo dengan 11,3% dan Gubernur Jawa Barat Ridwan Kamil 4,1%. 

Berikut ini hasil survei elektabilitas capres yang dilakukan PPI pada 3-8 Februari dengan melibatkan 1.200 responden.

  • Prabowo Subianto 19,9%
  • Anies Baswedan 11,9%
  • Ganjar Pranowo 11,3%
  • Ridwan Kamil 4,1%
  • Tri Rismaharini 4,0%
  • Agus Harimurti Yudhoyono 3,8%
  • Gatot Nurmantyo 3,8%
  • Sandiaga Uno 2,1%
  • Jusuf Kalla 2,0%
  • Basuki Tjahaja Purnama 1,8%
  • Abdul Somad 1,6%
  • Mahfud MD 1,5% 

3. Survei Kinerja Pemerintahan Jokowi, Kepuasan ke Ma’ruf Rendah

Hasil survei nasional yang dilakukan Parameter Politik Indonesia (PPI) atas kinerja Joko idodo (Jokowi) sebagai presiden selama setengah tahun periode menunjukkan tingkat kepuasan sebasar 65,4% puas. Sementara itu, total 29,1% tidak puas, dan 5,5% abstain alias tidak menjawab.  

Sedangkan tingkat kepuasan masyarakat terhadap Ma’ruf Amin selaku Wakil Presiden RI hasilnya lebih rendah dibandingkan Joko Widodo yakni hanya 50,8%. Sedangkan yang merasa tidak puas mencapai 43,8%, dan 5,4% tidak menjawab. 

“Salah satu faktor yang membuat tingkat kepuasan terhadap kinerja wapres menurun adalah minimnya respon wapres terhadap beberapa isu yang belakang cukup krusial terutama yang berkaitan dengan Islam politik,” demikian menurut PPI dalam rilis survei terbarunya, Minggu (21/2).   

“Status Ma’ruf Amin sebagai ulama tentunya membuat kelompok Islam memiliki ekspektasi cukup tinggi terhadap respon dan pembelaan wapres terkait isu yang beririsan dengan kelompok Islam,” sambungnya.

Sementara survei kepuasan masyarakat atas Kinerja Jokowi berdasarkan wilayah, warga desa merasa puas sebesar 70%, dan warga Kota 60,8%. 

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.