Rekomendasi Menu dan Pola Buka Puasa yang Sehat

Rekomendasi Menu dan Pola Buka Puasa yang Sehat

Menu berbuka puasa yang sehat benar-benar disarankan untuk dimakan. Dengan macam makanan bergizi imbang, badan akan tambah energi sepanjang dan sesudah jalani puasa.

Tidak minum dan makan semenjak matahari keluar sampai terbenam membuat badan kita beresiko alami dehidrasi. Oleh karenanya, kita dianjurkan untuk isi kembali energi badan yang lenyap dengan konsumsi menu berbuka puasa yang sehat saat berbuka puasa.

Skema Membuka Puasa yang Disarankan
Apa menu dan skema berbuka puasa yang sehat? Baca pembahasan berikut ini:

1. Tidak makan terlalu berlebih
Berbuka puasa tidak berarti Anda bisa “balas sakit hati” dengan melahap semua jenis makanan yang ada. Makan terlalu berlebih tidak bagus untuk badan.

Untuk memulai berbuka puasa yang sehat, mulai dengan melahap beberapa buah kurma dan minum juice buah asli untuk kembalikan kandungan gula darah ke tingkat normal.

Kemudian, baru makan malam seperlunya dengan menu sehat. Cicipi menu berbuka puasa yang sehat secara perlahan-lahan supaya lambung tidak terkejut saat mengolah minuman dan makanan yang masuk.

2. Konsumsi menu imbang
Yang diartikan dengan menu imbang ialah memvariasikan tipe makanan yang dimakan. Menu makanan berbuka puasa yang sehat seharusnya memiliki kandungan semua barisan makanan khusus, misalnya:

Buah-buahan
Sayur-sayuran
Protein dari daging, ayam, telur, ikan, atau tahu
Karbohidrat kompleks berbentuk makanan dasar
Produk buatan susu
Penuhi mengonsumsi makanan yang kaya serat, seperti sayur dan buah, khususnya saat sahur, supaya Anda berasa kenyang semakin lama dan tahan berpuasa sampai sore hari.

3. Jauhi makanan ini
Dianjurkan tidak untuk konsumsi makanan dan minuman yang memiliki kandungan banyak gula dan lemak, dan makanan yang dimasak. Tipe makanan itu bisa membuat Anda jadi gampang lemas saat berpuasa esok harinya.

Disamping itu, makanan tinggi lemak memungkinkan memunculkan permasalahan pencernaan dan memacu peningkatan berat tubuh.

Jauhi minuman yang memiliki kandungan cafein, seperti kopi, teh, dan minuman bersoda. Minuman itu memiliki sifat diuretik yang hendak menggairahkan keluarnya air bisa lebih cepat lewat urine, hingga badan rawan alami dehidrasi.

4. Lihat langkah memproses makanan
Makanlah makanan berbuka puasa sehat yang diproses dengan dipanggang, dikukus, atau direbus, bukan dimasak. Bila Anda harus terpaksa menggoreng, pakai tipe minyak goreng yang memiliki kandungan lemak tidak jemu, seperti minyak zaitun atau minyak kelapa.

5. Minum cukup air putih
Penuhi keperluan minum air putih sekitar delapan gelas setiap hari untuk membikin Anda masih tetap fresh dan terhidrasi sepanjang melakukan aktivitas sekalian berpuasa pada siang hari. Air putih bisa diminum dari berbuka puasa sampai waktu sahur.

Berbuka puasa memang saat yang dinanti-nantikan sesudah sepanjang hari meredam lapar, tetapi teruslah berlaku arif saat menentukan menu makanan untuk buka puasa atau untuk makan sahur. Janganlah sampai peristiwa ini dipakai sebagai gelaran “acara pesta makan” yang malah dapat mempengaruhi kesehatan.

Bila Anda mempunyai penyakit tertentu, misalkan diabetes, seharusnya konsultasi lebih berlanjut ke dokter nutrisi untuk memperoleh anjuran dan rencana menu berbuka puasa yang sama sesuai keadaan Anda.