May 6, 2021

Jutawan

Jutawan

SEO Lokal untuk Restoran: Kiat Mendominasi Pencarian Lokal

5 min read
ranking website terbaik di google

Dalam industri yang bergerak cepat saat ini, orang mengandalkan ponsel untuk mencari bisnis lokal. Ini terutama benar ketika orang mencari restoran. Kami berharap untuk melihat menu lengkap dan ulasan agar kami dapat memutuskan. Sebagai bisnis lokal, mengandalkan pengoptimalan mesin telusur bisa menjadi sangat penting. SEO lokal dapat membantu meningkatkan eksposur Anda ke pelanggan potensial.

Siapkan situs web yang ramah mesin pencari dan buat rencana pemasaran digital yang solid. Ini meningkatkan potensi bisnis Anda untuk sukses.

Untuk melakukan optimasi website ini sebenarnyanya anda bisa menggunakan Jasa Optimasi website yang banyak ditawarkan oleh praktisi SEO di Indonesia, terutama di daerah anda.

SEO lokal yang dilakukan dengan benar tidaklah murah. Di Kanada, Anda dapat mulai berinvestasi sedikitnya $ 10.000 untuk tim profesional SEO. Sulit untuk menonjol di pasar digital. Di sinilah SEO berperan, karena:

  • Konsumen biasanya tidak mencari merek.
  • Tidak semua orang tahu daerah Anda.
  • Beberapa orang ingin mencari tempat di dekat mereka.
  • Orang-orang senang menemukan penawaran hebat.

Dengan menggunakan SEO lokal, Anda dapat mendominasi area ini atas pesaing Anda. Sebagian besar kueri ini juga memiliki volume penelusuran yang sangat besar. Ada 11,1 juta pencarian di “restoran di dekat saya” saja. Sejak 2011, Google melaporkan bahwa penelusuran yang berisi “di dekat saya” telah meningkat 3400%. Mengingat gaya penelusuran ini memiliki peningkatan yang besar, maka perlu diperhatikan. Bagaimana kami dapat mengoptimalkan sepenuhnya akan bergantung pada strategi online Anda. SEO lokal bekerja secara ideal karena salah satu variabel utamanya adalah lokasi pengguna.

Strategi SEO lokal yang efektif untuk mengungguli pesaing Anda di pasar lokal:

Optimalkan Halaman Google Bisnisku milik Anda

Halaman Google Bisnisku (GMB) dan Bing Places adalah dua daftar lokal yang penting. Platform ini gratis dan mereka menciptakan eksposur bisnis yang luar biasa setelah dioptimalkan. Halaman bisnis dapat membantu merek Anda terlihat di daftar lokal mesin pencari. Jika Anda tidak memiliki akun Google Bisnisku, buat atau klaim listingan Anda.

Cara mengklaim listingan Google Bisnisku Anda:

  • Buka https://www.google.com/business/ Klik “Mulai”.
  • Isi semua informasi penting tentang bisnis Anda (nama bisnis, alamat, dan nomor telepon).
  • Setelah meninjau informasi listing Anda, klik Kirim.

Sebuah studi oleh Gybo menunjukkan bahwa konsumen lebih cenderung mempercayai bisnis dengan listingan yang lengkap. Ingatlah untuk memasukkan jam buka, situs web Anda, WiFi gratis, dan area parkir. Jadikan deskripsi Anda solid dan pilih kategori yang tepat untuk bisnis Anda. Anda juga dapat menambahkan menu dan harga hidangan Anda. Bersikaplah komprehensif dalam mengisi detail bisnis Anda. Ini dapat membantu peringkat daftar Anda lebih tinggi di mesin pencari.

Saat mengklaim listingan Anda, Anda harus melalui proses verifikasi. Anda dapat memverifikasi melalui email, nomor telepon, atau Search Console. Google akan mengirimi Anda kartu pos yang berisi PIN ke alamat bisnis fisik Anda. Setelah ini, masuk ke akun GMB Anda dan ketik PIN untuk memverifikasi bisnis Anda.

Setelah Anda selesai memverifikasi bisnis Anda, pastikan untuk terus memperbarui GMB Anda. Tambahkan postingan baru yang relevan dengan restoran Anda secara teratur. Menjadi aktif di daftar Anda membuatnya lebih relevan dengan hasil pencarian Google.

Tingkatkan Lalu Lintas Melalui Peringkat dan Ulasan

Penelitian menunjukkan bahwa 86% konsumen membaca ulasan untuk bisnis lokal. 91% dari mereka mempercayai ulasan online seperti halnya rekomendasi pribadi. Ulasan online dapat memengaruhi penjualan Anda dan meningkatkan kehadiran online Anda. Buat dan pertahankan proses yang mendorong pelanggan untuk memberikan ulasan dan penilaian. Ini akan membantu Anda memilah ulasan negatif. Komentar dan saran juga dapat membantu menjadikan bisnis Anda lebih baik.

Ulasan negatif sering terjadi di industri makanan. Penting untuk segera menanggapinya. Bagaimanapun, ulasan buruk bisa dianggap sebagai peluang. Jika pelanggan memiliki masalah dengan produk atau layanan Anda, segera kerjakan untuk mengatasinya. Berkomunikasi dengan mendengarkan dan mengajukan pertanyaan. Fokus pada penyelesaian masalah sambil memastikan bahwa Anda memberikan apa yang benar-benar dibutuhkan pelanggan Anda. Setelah pelanggan puas, minta mereka dengan sopan untuk mengedit peringkat mereka.

Maksimalkan Kehadiran Media Sosial Anda

Perhatikan bahwa halaman Google Bisnisku Anda memiliki koneksi dengan platform media sosial? Keduanya terkait satu sama lain. Aktivitas sosial sangat penting dalam menentukan relevansi dan otoritas kesuksesan restoran Anda.

Misalnya, halaman Facebook yang tidak aktif memiliki otoritas yang lebih rendah. Pastikan untuk terus memperbarui halaman Anda dengan posting baru. Selain itu, menjadi aktif di halaman GMB Anda dapat meningkatkan relevansi Anda di Google. Ini secara langsung memengaruhi otoritas Anda sebagai restoran di hasil penelusuran lokal. Dengan memperbarui, Anda membuat kemajuan dalam membedakan restoran Anda dari yang lain.

Dengan ratusan orang menggunakan media sosial, informasi berkembang biak dengan mudah menggunakan platform ini. Pengguna berbagi informasi menarik hanya dengan satu klik. Manfaatkan strategi promosi mulut ke mulut online ini. Pastikan media sosial Anda memiliki informasi mendetail tentang bisnis Anda. Tambahkan alamat fisik, nomor kontak, dan tautan ke situs web Anda. Untuk Facebook, daftarkan restoran Anda sebagai bisnis lokal. Ini membantu konsumen lokal lebih sering menemukan bisnis Anda di Facebook.

Gunakan media sosial untuk menciptakan tren makanan. Anda dapat berkoordinasi dengan blogger dan pakar makanan dengan kampanye ini. Manfaatkan media sosial untuk membuat pelanggan membicarakan bisnis Anda. Soroti makanan tertentu dari restoran Anda, hasilkan foto dan video berkualitas tinggi dan menggugah selera. Pertahankan konten yang menarik dan relevan untuk mendorong pengguna menyukai dan menyebarkan berita. Ini membantu Anda tumbuh lebih organik, yang pada gilirannya dapat meningkatkan penggemar dan pengikut Anda.

Publikasikan Konten yang Dilokalkan

Pemasaran konten adalah faktor kunci yang dapat membantu meningkatkan peringkat mesin pencari Anda. Jika dilakukan dengan benar, hal itu bahkan dapat meningkatkan kesadaran merek, advokasi, dan penjualan. Namun, menerbitkan konten demi konten tidak menambah nilai. Hanya membuat konten berkualitas tinggi yang dapat memberikan nilai dan mengarahkan lebih banyak prospek ke situs web Anda.

Panduan SEO untuk website owner yang mulai frustasi

Daripada terus-menerus memposting konten, hanya posting jika Anda memiliki topik yang menarik dan telah diteliti dengan baik. Konten lokal dapat berupa posting blog informatif, tip, dan panduan, yang menargetkan area lokal Anda. Untuk restoran, ini bisa menjadi elemen penting. Sebagian besar bisnis lokal memiliki volume konsumen potensial yang lebih tinggi. Memanfaatkan konten lokal karena dapat sangat membantu dalam menargetkan audiens regional.

Melalui blog Anda, buat topik yang relevan, komprehensif, dan sebagian besar tentang area lokal Anda. Ini meningkatkan relevansi Anda, memaksimalkan peluang Anda untuk menjadi yang teratas dalam penelusuran lokal.Ingatlah untuk selalu membagikan postingan Anda melalui saluran sosial Anda. Gunakan #LocalFood di Instagram untuk menarik perhatian pecinta kuliner. Ini memaparkan bisnis Anda kepada konsumen lokal. Melalui tagar kota tertentu, bot Instagram dapat membantu mempromosikan kiriman Anda.

Ada lebih dari 4,2 miliar orang yang menggunakan Internet dan 3,4 miliar menggunakan media sosial. Karena itu, penting bagi restoran Anda untuk aktif dalam proses SEO lokal. Baik Anda seorang mandiri, pemula, atau bisnis berantai, Anda dapat melakukan semua dasar-dasar SEO.

Misalnya optimasi off-page dengna bantuan Jasa Backlink Murah yang banyak ditawarkan.

SEO berpotensi menarik audiens baru yang dipenuhi dengan calon pengunjung restoran Anda. Terapkan kiat SEO lokal ini dengan bantuan mitra digital untuk memaksimalkan manfaat. Seorang ahli dalam SEO lokal dapat memeriksa aktivitas online Anda dan membantu Anda unggul dalam persaingan.

SEO lokal membutuhkan waktu, dan tenaga. Tidak ada jalan pintas menuju sukses. Namun, mengambil langkah pertama seperti mengklaim listingan Google Bisnisku dapat membuat perbedaan besar. Tidak ada salahnya mencoba strategi pemasaran baru jika ada yang gagal. Pastikan untuk menyeimbangkannya dengan status restoran Anda saat ini.

Copyright © All rights reserved. | Newsphere by AF themes.