Strategi SEO Kuno yang Perlu Diperbaiki

Search Engine Optimization SEO merupakan salah satu dari sekian teknik yang ada untuk proses internet marketing. Teknik ini digunakan untuk mengoptimasi web agar bisa menduduki peringkat di mesin pencarian. Tujuan utamanya adalah agar dapat menarik banyak traffic supaya bisa meningkatkan konversi penjualan di suatu perusahaan digital. Teknik semacam ini disebut dengan strategi SEO.

Proses konversi penjualan dimulai dari para traffic yang mengunjungi situs kita, kemudian tertarik dengan produk yang kita tawarkan di situs web kita lalu mereka menerukan ke langkah dimana ia akan membelinya dan memberi review terhadap produk tersebut. Jika produk yang kita pasarkan reviewnya positif, pasti sebagian besar pengunjung akan memberikan kesan yang baik di situs kita dan akan menarik traffic lainnya.

Perkembangan SEO & Strategi SEO

SEO pada jasa SEO sudah berkali-kali mengalami perubahan dan peningkatan sistem. Setiap tahun ada pembaharuan sehingga kita perlu selalu update agar situs web kita bisa ikut berkembang. Penggunaan strategi SEO oleh ahli SEO akan lebih efektif untuk kegiatan promosi perusahaan dengan melalui internet marketing karena lebih awet untuk bertahan di mesin pencarian.

Hal itu didukung dengan isi konten web yang relevan, berkualitas dan terpercaya. Algoritma mesin pencarian bertugas memfilter konten situs yang memiliki nilai yang kualitas tinggi dan tidak abal-abal serta pastinya memiliki kriteria tertentu agar suatu situs web bisa masuk dalam peringkat mesin telusur.

Banyak perusahaan bisnis digital dalam mempraktikkan strategi SEO hanya terfokus dengan bagaimana agar situs web kita bisa masuk dalam peringkat atas oleh Google. Hal ini juga tidak salah, karena semakin tinggi peringkat yang situs kita dapatkan, maka akan semakin tinggi pula traffic yang akan mengunjunginya.

Namun poin penting dalam strategi SEO, banyak langkah yang perlu diperhatikan satu persatu supaya konten kita lebih berbobot. Seiring perkembangan sistem, SEO selalu memperbarui teknik-tekniknya untuk meningkatkan kualitas konten yang lebih baik lagi.

Strategi SEO Lama

Penggunaan beberapa strategi SEO yang lama sudah mulai ditinggalkan karena langkahnya yang kurang efektif dalam perkembangan web saat ini. Cara-cara manual yang dilakukan pada SEO kuno dulunya efektif mengundang banyak traffic, namun karena tergerus dengan perubahan zaman dan peningkatan kinerja sistem sehingga ide-ide baru diciptakan. Berikut adalah cara-cara kuno yang pernah digunakan dalam membuat konten SEO.

Beberapa cara lama SEO yang pernah ada dan perlu diperbaiki :

Penggunaan Short Keyword dalam Jumlah Banyak

Menggunakan banyak short-tail keyword di dalam satu laman dahulunya efektif untuk menarik traffic. Seiring waktu berjalan, para pengguna internet yang memiliki daya kreatif yang tinggi mencoba memangkas keyword-keyword agar lebih spesifik. Kini penggunaan long tail keyword lebih mendominasi dalam situs-situs web karena efektif dan efisien dalam menarik traffic.

Penggunaan Anchor Text

Memperbanyak penggunaan anchor text dulunya bisa meningkatkan peringkat di Search Engine Result Page. Anchor text atau teks jangkar merupakan teks berisi hyperlink HTML yang akan mengarahkan ke laman web lain baik dari internal link maupun eksternal link. Penggunaan Anchor text yang berlebihan bisa mendapatkan penalty dari Google, akibatnya situs kita tidak akan masuk dalam crawling dan indexing Google. Anchor text masa kini hanya menggunakan anchor text seperlunya sesuai dengan komposisi bagian-bagiannya.

Pemilihan Topik Konten Berdasarkan Tingginya Traffic

Pembuatan topik konten yang diminati banyak traffic namun berbeda jalur dari apa yang dipasarkan. Mungkin pada awalnya teknik ini dipakai untuk menjadi alternative mempromosikan produkya. Ketidaksesuaian antara ekspektasi dengan realita sangat tidak efisien. Misalnya saat ini topi mengenai makanan pedas lebih diminati banyak pembaca, namun yang kita promosikan adalah produk pakaian. Hal tersebut melenceng dari pembicaraan sehingga kita perlu memperbaiki permasalahan tersebut. Kita tidak boleh asal-asalan dalam menetapkan topik, diusahakan untuk menjaga relevansi antara bahasan dan produk marketing.

Pemilihan Keyword yang sama dengan Domain

Pemasangan keyword sama dengan nama domain memang banyak menarik minat traffic untuk mengunjunginya dan hingga kini pun masih ada yang menggunakan trik ini. Jika kita membuat 4 domain dengan topik bahasan yang sama, tapi algoritma google akan tetap menyaring konten kita menjadi satu.

Satu Keyword, Satu Domain

Menggunakan satu keyword untuk satu domain. Penggunaan teknik ini mungkin memiliki misi agar mendapatkan traffic berbeda per domain sehingga bisa menghasilkan banyak pemasukan. Namun cara ini tidak efektif untuk digunakan, alangkah baiknya kita menggunakan satu domain untuk membahas banyak topik-topik  yang relevan.

Teknik SEO Menjadi Fokus

Teknikal memang dahulu hanya menjadi fokus dalam membuat konten SEO. Namun adanya inovasi baru, pennggunaan konten SEO dikembangkan untuk kegiatan marketing. Sisi teknikal hanya memperhatikan judul konten, keyword, URL/domain, dan backlink.

Penggunan Keyword untuk Website Makro

Menggunakan satu kata kunci/keyword pada website mikro dan menamai web sama dengan keyword. ini masih berkaitan dengan langkah diatas yakni menggunakan satu keyword untuk satu domain. Teknik ini dulu memang efektif meningkatkan traffic. Penggunaan Micro Niche Site dan Exact Match Domain ternyata hanya memuat sedikit informasi sehingga tidak kredibel.

Solusinya, kita perlu mengembangkan satu domain dengan satu topik, namun memiliki banyak bahasan misalnya kita memiliki website “gadget milenial”, kita terfokus pada pembahasan gadget namu kita kembangkan dengan banyak judul konten seperti “review gadget Samsung 2020”, “harga gadget Samsung 2020”, “spesifikasi gadget xiaomi 2020” dan lain-lain.

Langkah-langkah diatas merupakan langkah kuno yang marak digunakan sekitar 6-5 tahun yang lalu. Beberapa teknik diatas masih digunakan hanya sebagian kecil perintis web. Cara yang kuno perlu ditinggalkan karena nilai efektifitas dan efisiensinya mulai berkurang.

Strategi SEO Terkini

Kini banyak perusahaan digital menggunakan cara terbaru dengan memperbaiki masalah yang muncul dari teknik-teknik yang lama, membuat isi konten sesuai relevansi dan spesifikasi, melakukan optimasi setiap waktu, serta mendiagnosis situs web menggunakan tools-tools SEO.

Dalam konten SEO, hal yang paling diutamakan adalah keyword bukan hanya banyaknya jumlah klik. Pemilihan keyword yang baik dan benar secara tidak langsung dapat mengundang banyak klik.

Riset keyword dipilih sesuai dengan relevansi topik dibuat menggunakan kata-kata yang menarik karena konten yang unik akan menarik pengunjung sehingga traffic meningkat. Selain itu kita perlu memantau perkembangan situs web dengan tools SEO dan menampilkan parameter ranking di mesin pencarian.

Selain itu, kita perlu memantau kondisi situs pesaing agar kita bisa mengendalikan situs web kita agar tidak jatuh atau ketinggalan informasi terbaru. Teknologi yang sudah canggih menjadikan para audiens bergerak cepat untuk mencari informasi terkini.

Selalu up to date terhadap kondisi dan fenomena hangat yang sedang terjadi bisa menjadi bahan untuk membuat topik konten. Informasi terbaru pasti akan secara mudah terindeks oleh Google namun didukung dengan isi yang bisa dipercaya.

Demikian pembahasan mengenai beberapa strategi SEO kuno yang perlu diperbaiki, cocok cara-cara pembahasan diatas tergantung dengan selera anda. Jikalau anda masih menggunakan beberapa langkah diatas dan masih menarik minat traffic berarti strategi yang anda kembangkan sesuai dengan prosedur yang optimal. Selamat menbaca dan mencoba, semoga bermanfaat.