Tips Jaga Kesehatan Mata Anda

Tips Jaga Kesehatan Mata Anda, Peran mata penting untuk manusia. Oleh karena itu, simak juga mengenai cockeyed definition, kesehatannya harus selalu dijaga. Nah, ada beberapa cara menjaga kesehatan mata yang dapat Anda lakukan. Dengan mata yang sehat, Anda bisa juga melihat dengan jelas dan melakukan rutinitas tiap hari dengan makin nyaman.

Nearsightedness, Definition, Symptoms, Causes, Trigger Factors, Diagnosis, Prevention

Setiap aktivitas yang telah dilaksanakan tiap hari, tidak terlepas dari peran mata sebagai indra penglihatan. Walaupun peranannya bisa turun bertepatan pertambahan usia, tetapi Anda tetap bisa kerjakan bermacam usaha untuk menjaga kesehatan mata dan menghindariinya dari bermacam penyakit mata.

Cara Menjaga Kesehatan Mata

Ingat kelebihan peran mata, diterangkan dalam web cockeyed definition, ada beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk menjaga kesehatan mata, salah satunya:

1. Kontrol mata secara teratur
Setiap orang, diawali dari anak-anak sampai lansia, dianjurkan untuk kontrol mata secara teratur minimum 2 tahun sekali. Orang dewasa yang sudah berusia lebih dari 40 tahun, bahkan disarankan untuk kontrol mata setahun sekali.

Ini memiliki arah untuk meredam penyakit mata yang berkaitan dengan pertambahan usia, seperti kemunduran makula, glaukoma, dan katarak.

Melalui pengujian mata, dokter dapat memantau kondisi mata dan ketahui semenjak awal mula persoalan pada mata karena penyakit tertentu, seperti diabetes dan tekanan darah tinggi.
Selain itu, pengujian mata juga penting dikerjakan bila Anda memiliki cerita penyakit mata yang diturunkan secara genetik dari orang-tua ke anak. Dengan demikian, langkah penanganan dapat dikerjakan dengan cepat dan tepat.

2. Konsumsi makanan bergizi
Untuk menjaga kesehatan mata, Anda disarankan untuk mengonsumsi makanan mempunyai gizi yang kaya kandungan vitamin A, vitamin C, vitamin E, lutein, selenium, dan asam lemak omega-3.
Beberapa nutrisi di atas ditemui dapat menahan persoalan mata terkait usia, misalnya katarak dan kemunduran makula. Anda dapat mendapatkan bermacam nutrisi itu dengan konsumsi sayur hijau, salmon, tuna, telur, kacang-kacangan, dan jeruk.

3. Hindari penggunaan gawai kelamaan
Melihat monitor komputer atau smartphone kelamaan dapat menyebabkan mata lelah. Tanda-tanda bisa berupa sakit di kepala, nyeri leher, sakit pada bahu dan punggung, mata kering, dan pandangan jadi kabur.

Jika Anda bekerja dari muka komputer sepanjang hari, istirahatkan mata dengan mengganti pandangan sejauh 20 detik, setiap 20 menit sekali. Anda juga bisa istirahatkan mata sejauh 15 menit setiap 2 jam sekali.

Bila mata terasa kering, Anda bisa sering mengedipkan mata atau menggunakan cairan tetes mata.

4. Hindari sinaran sinar ultraviolet
Bukan hanya kulit, mata perlu dilindungi dari imbas berefek sinar ultraviolet. Ini karena mata yang kerap terserang sinar ultraviolet lebih berefek alami katarak, kemunduran makula, kornea terbakar, dan kanker mata.

Oleh karena itu, Anda disarankan untuk memakai kacamata hitam yang dapat membuat pelindungan mata dari sinar UVA dan UVB atau menggunakan topi bertepi lebar saat beraktivitas di siang hari.

5. Setop kegiatan rutin merokok
Merokok dapat tambahkan risiko berjalannya penyakit katarak, kemunduran makula, dan kerusakan saraf optik yang mampu menyebabkan kebutaan dan merusak retina mata. Oleh karena itu, bila Anda seorang perokok aktif, setop kegiatan rutin merokok sejak saat ini.

6. Waspada saat menggunakan make-up
Make-up berbentuk cairan atau krim umumnya riskan akan perubahan bakteri bila kelamaan tidak digunakan. Oleh karena itu, buang dan ganti make-up Anda jika sudah 3 bulan digunakan. Hindari sama sharing pakai alat rias.

Selain itu, optimis untuk bersihkan muka sampai bersih saat sebelum dan setelah memakai make-up. Jika mengalami iritasi atau infeksi mata saat gunakan make-up, hapus riasan dan sesegera kendalikan diri ke dokter.

7. Olahraga secara teratur
Sebuah penelitian mengungkapkan bila olahraga dapat turunkan risiko penyakit mata dan turunkan risiko kehilangan penglihatan karena tekanan darah tinggi, diabetes, dan kandungan kolesterol yang tinggi.

Selain bermacam cara di atas, Anda juga dianjurkan untuk menghindari kegiatan rutin membaca pada tempat gelap. Saat membaca, jaga jarak antara mata dan buku atau objek bacaan sekitaran sekitar 25-30 cm, terhitung saat Anda sedang membaca sekaligus berbaring.

Cara menjaga kesehatan mata bisa dikerjakan dengan tidak menyepelekan bermacam persoalan pada mata. Tapi, jika keluhan pada mata jadi bersambung atau mata terasa sakit, bengkak, dan menyebabkan penglihatan Anda terganggu, jangan ragu untuk sesegera kontrol mata ke dokter.